Sukses

Lifestyle

Usia Senja Tak Menyurutkan Semangatku Untuk Masuk Universitas

Siapa yang tak ingin masuk sebuah universitas dan terus belajar mengenai banyak hal hingga menyandang gelar sarjana. Bisa dipastikan, hampir semua orang memiliki impian untuk terus belajar dan mengenyam bangku perkuliahan. Seperti halnya seorang pria yang telah berusia senja, yakni Wang Xia (89) dari kota Nanjing, China Timur. Wang Xia adalah seseorang pria yang pantang menyerah untuk bisa masuk universitas dan mengikuti ujian masuk universitas seperti orang lain pada umumnya.

Kakek Wang saat diberikan kertas ujian oleh panitia ujian | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Setelah pemerintah China menghapus batas usia masuk ke perguruan tinggi, sejak tahun 2001, Wang Xia tercatat telah mengikuti ujian masuk universitas sedikitnya sebanyak 10 kali. Dilansir dari laman dailymail.co.uk, meskipun setiap kali mengikuti tes dirinya gagal, Wang Xia tak pernah putus asa untuk bisa lolos tes.

Pada hari Minggu, tepatnya 7 Juni 2015, Wang Xia kembali mengikuti tes masuk Universitas dan bersaing melawan ribuan peserta tes lain yang lebih muda darinya. Menurut panitia tes, kakek ini adalah peserta ujian yang memiliki usia tertua dari 9 juta peserta ujian di China.

Kakek Wang diantar oleh sopir dan polisi saat menuju ruang ujian | Photo: Copyrighy dailymail.co.uk

Diantar oleh sopir pribadi dan beberapa polisi, Wang Xia memasuki ruang ujian dan duduk di samping para peserta ujian lain. Sebelum ujian dimulai, kakek penuh semangat ini mengatakan "Saya telah mempersiapkan segalanya sebelumnya. Saya tidak gugup dan saya akan melakukan yang terbaik. Saya harap, tahun ini saya bisa lolos dari tes ini."

Selama tahun 1950 sampai 196, Wang Xia diketahui telah mengikuti ujian masuk universitas selama 4 kali namun selalu gagal. Dan sejak pemerintah menghapus batas usia untuk masuk universitas di tahun 2001, kakek ini kembali mengikuti tes sampai ia benar-benar lolos dan diterima di universitas. Pada tahun 2007, Nanjing University Medical sempat memberikannya gelar kehormatan atas semangatnya untuk masuk universitas.

Kakek Wang bersaing melawan peserta ujian lain yang lebih mudah darinya | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Tapi, Wang Xia mengaku ia akan terus berusaha dan tidak akan menyerah untuk terus mengikuti tes hingga dirinya lolos. Bagi kakek Wang, mengikuti tes adalah sesuatu yang membuatnya bahagia dan merasa semangat untuk terus belajar meski usianya sudah tak muda lagi.

Kakek Wang adalah peserta ujian tertua tahun ini di China | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Ladies, apa yang telah dilakukan oleh Wang Xia sendiri dikatakan telah menginspirasi semua orang di negeri tirai bambu tersebut. Pasalnya, semangatnya yang tinggi membuat banyak orang harus belajar banyak darinya. Ia adalah seseorang yang tak kenal putus asa meski kegagalan selalu menghadang di depan mata.

Kakek Wang telah mengajarkan pada kita betapa semangat dan rasa percaya diri untuk sukses harus selalu dimiliki dan ditingkatkan. Semoga tahun ini kakek Wang bisa lolos dan diterima di universitas ya... :)



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading