Sukses

Lifestyle

Satpam Terpuji, Sumbangkan 3/4 Gaji Bulanannya untuk Anak-Anak Kurang Mampu

Ladies, Anda pasti sudah sering mendengar kalau sebagian dari harta yang kita miliki ini ada hak orang lain. Itulah kenapa kita sering dianjurkan untuk bersedekah atau menyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk disumbangkan. Biasanya kita hanya menyisihkan sebagian kecil uang yang kita miliki untuk disumbangkan. Tapi Ma Yong berbeda.

May Yong selalu menyisihkan 3/4 gaji bulanannya untuk disumbangkan ke anak-anak yang kurang mampu. Dilansir dari shanghaiist.com, setiap bulan Ma mendapat gaji 2.200 yuan (sekitar 4,6 juta rupiah) dari pekerjaannya sebagai satpam. Dari gaji tersebut, 1.700 yuan (sekitar 3,5 juta rupiah) akan ia sumbangkan 17 anak-anak sekolah yang kurang mampu. Wah, mulia sekali hatinya, ya.

Ma mengatakan kalau perusahaannya sudah memberinya makanan dan seragam. Jadi ia hanya butuh sedikit uang saja untuk dirinya sendiri, sisanya akan ia sumbangkan ke orang-orang yang membutuhkan. "Cukup makan dan punya baju hangat, dan bahagia sudah didapat," kata Ma.

Foto: copyright shanghaiist.com

Dengan sisa gaji bulanannya, Ma akan membayar biaya transportasi sehari-hari dan biaya telepon. Apa yang dilakukan Ma ini ternyata sempat ditentang oleh keluarganya.

Ma masih tinggal bersama orang tuanya yang berusia 70 tahunan dan bekerja sebagai petugas kebersihan. Sang ibu meminta Ma untuk menghentikan donasinya, tapi Ma menolak. Ma menjelaskan kalau ia bukannya mau membebani orang tuanya, tapi ia hanya tak bisa diam saja melihat anak-anak yang kurang mampu.

Foto: copyright shanghaiist.com

Sebenarnya apa sih yang memotivasi Ma untuk selalu menyisihkan sebagian besar gajinya untuk disumbangkan?

"Ketika saya di militer, ibu saya kehilangan satu jarinya karena kecelakaan dalam menggunakan mesin, tapi kami tak punya uang untuk membawanya ke dokter. Para kamerad saya secara sukarela menyumbangkan uangnya untuk perawatan ibu," ungkap Ma. Rupanya kebaikan para rekannya saat itu telah menginspirasi Ma untuk berbuat kebaikan lebih banyak lagi.

Sejak meninggalkan militer, Ma sudah bekerja di berbagai tempat. Berapa pun gaji yang ia dapat, selalu saja sebagian uang ia sumbangkan ke anak-anak kurang mampu atau orang miskin. Ia mengaku kalau ia tak merasa keberatan menyumbangkan uangnya.

Benar-benar sosok pria yang terpuji, ya Ladies. Bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah menyisihkan sebagian uang dan rezeki kita untuk orang lain?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading