Sukses

Lifestyle

Bantuan untuk Rafi (@sayangrafi) Melalui Kaos 'Aku Akan Terus Berjuang'

Lahirnya buah hati ke dunia memang akan selalu disambut bahagia oleh orang tuanya. Tapi sayangnya ada beberapa bayi yang lahir dengan kondisi yang berbeda. Kondisi yang berbeda itu pun seringkali membuat orang tuanya merasa sedih. Namun, meskipun bersedih, bukan berarti harus putus asa. Setiap bayi yang terlahir ke dunia pasti sudah dibekali semangat berjuang untuk hidup, seperti bayi laki-laki bernama Rafi Ramadhan Furqon ini.

Rafi, bayi yang lahir pada tanggal 28 Juli 2013 ini memang memiliki kondisi berbeda. Dilansir dari adasena.blogdetik.com, Rafi terlahir tanpa anus dan usus besar. Alat kelaminnya pun tak terbentuk sempurna dan jari kaki yang tak lengkap. Rafi yang lahir di RS Kartika Medical Center Sukabumi pun segera dirujuk ke RS Borromesu Bandung demi mendapatkan penanganan yang lebih memadai. Hingga akhirnya Rafi mendapatkan anus buatan di perut melalui operasi yang dilakukan oleh para dokter.

Foto: copyright instagram/sayangrafi

Setelah operasi pertama tersebut, kondisi Rafi terbilang tak stabil bahkan pernah sangat kritis sampai hilang napas. Tanpa usus besar, Rafi juga sangat mudah dehidrasi. Asupan makanannya juga perlu perhatian ekstra. Kondisi Rafi memang sangat memprihatinkan. Akan tetapi, berkat pertolongan Sang Maha Kuasa dan usaha yang besar, Rafi terus bertahan hingga sekarang.

Orang tua Rafi, Chilfi dan Lira selalu melakukan yang terbaik untuk perawatan buah hatinya tersebut. Kondisi kantung kemih yang tak tertutup sempurna membuat Rafi bisa buang air kecil tanpa henti. Kalau kebersihannya tak ditangani dengan baik, kesehatan Rafi bisa terganggu.


Anus buatan yang ditempatkan di perut Rafi harus disambung dengan kantung kolostomi untuk menampung fesesnya. Kantung seharga puluhan ribu itu harus diganti tiga kali sehari. Meskipun saat ini sudah ada program kesehatan BPJS yang disediakan pemerintah, orang tua Rafi juga masih harus berjuang untuk menutup biaya operasional yang dibutuhkan anaknya.

Ayah Rafi yang bekerja sebagai Web Designer pun akhirnya berinisiatif dengan menjual kaos yang ia desain sendiri. Marjin dari setiap kaos yang terjual itu nantinya akan digunakan untuk menutup biaya perawatan Rafi.

Kaos bertuliskan "Aku Akan Terus Berjuang" itu dijual dengan harga Rp. 100.000 (boleh juga membayar lebih). Dibuatlah juga sebuah akun instagram @sayangrafi sebagai cara untuk menyebarluaskan kisah tentang Rafi. Anda juga bisa ikut memberikan kontribusi dengan membeli kaos tersebut. Dengan semangat peduli dan meringankan beban orang lain, maka kita pun akan memperoleh pahala yang besar.

Foto: copyright adasena.blogdetik.com

Akun yang dibuat oleh Wendi Putranto (@wenzrawk) ini kini sudah di-follow beberapa influencer seperti Arie @dagienkz, @imamdarto, dan akun @vinesindoo. "Let's share, let's care," tulis Arie @dagienkz di akun Instagramnya. Ladies, mari kita ikut turun tangan meringankan beban orang lain. Satu kebaikan yang kita buat pastilah akan berbuah manis.

Anda bisa langsung mem-follow akun Instagram @sayangrafi untuk memberikan bantuan. Kita doakan semoga Rafi segera mendapatkan perawatan terbaik dan tumbuh menjadi anak yang sehat, ya. Aamiin.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading