Sukses

Parenting

Bapak, Ade Kangen Sama Bapak (a Love Letter on Father's Day)

Surat cinta ini ditulis oleh Tuti Yulistiawati untuk ayahanda tercinta yang sudah terlebih dahulu dipeluk oleh Yang Maha Kuasa. Sebuah surat cinta yang menggambarkan cinta besar dari seorang putri untuk ayahnya. Surat ini menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Kisah Aku dan Ayah sebagai pemenang tambahan.

***

Bapakku sayang, tahun ini ade sudah 34 tahun. Sudah tua ya, tapi bapak akan selalu melihat ade sebagai putri kecil bapak yang selalu dimanja dan harus dituruti semua maunya. Ade keras kepala, tapi bapak selalu mengerti apa yang ade inginkan dan selalu selalu keputusan ade. Waktu remaja, setiap ade ngambek karena keinginan ade tidak disetujui ibu, ade selalu mengurung diri di kamar dan tidak mau makan. Ibu selalu membiarkan hal itu, sebagai disiplin agar ade tidak manja dan keras kepala. Tapi bapak yang selalu keluar masuk kamar untuk menyuruh ade makan dan menghentikan aksi mogok makan tersebut. Bapak selalu luluh dengan ade, bapak selalu tidak pernah bisa keras terhadap ade, karena ade selalu jadi putri kecil kesayangan bapak sampai kapanpun.

Perjuangan Besar Bapak Agar Saya Bisa Kuliah

Bapakku sayang, alhamdulilah ade punya karir yang relatif bagus dan sudah mapan sekarang. Ade sudah punya rumah dan mobil pribadi. Ade yakin bapak pasti bahagia dan bangga melihatnya. Semua ini tidak akan terjadi tanpa perjuangan dan kerja keras bapak. Saat ade memutuskan ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, bapak terdiam dan berkata "Uangnya tidak ada dek..", ade tertunduk dan menangis, kemudian bapak segera berkata "Kita masih bisa berusaha dek, ade jangan sedih, ade pasti bisa kuliah". Dan akhirnya kita harus merelakan sawah satu-satunya yang kita punya dijual untuk biaya ade masuk kuliah.
    
Empat tahun setelahnya ade lulus menjadi sarjana. Selama empat tahun dalam keterbatasan biaya, kita berjuang bersama, sekeluarga berusaha keras menghemat pengeluaran agar bisa membiayai kuliah ade. Bapak dan ibu berjuang keras, kalian selalu berkata agar ade jangan putus asa dalam keterbatasan dan kekurangan. Bapak dan ibu ingin melihat ade jadi sarjana, ingin melihat ade sukses suatu hari nanti, bisa menjadi kebanggaan dan mengangkat derajat keluarga. Dan saat hari wisuda tiba, kita sekeluarga datang. Raut wajah bapak saat itu tidak akan pernah bisa ade lupakan. Raut wajah penuh kebanggaan, bangga karena anaknya sudah jadi sarjana, bangga karena perjuangan dan kerja kerasnya tidak sia-sia, dan adepun bahagia dan bersyukur bisa membuat bapak bangga, meskipun baru sebatas ini.  

Foto: dok. pribadi Tuti Yulistiawati

Dukungan bapak buat ade tak pernah putus dan berhenti. Setelah lulus kuliah, bapak yang selalu mengantar ade ke tempat wawancara kerja. Bapak pernah mengantar ade wawancara kerja ke Jakarta, dari Purwakarta kita naik bus non AC. Karena bus sudah penuh, kurang lebih satu jam kita berdiri sampai ada kursi yang kosong. Karena kelamaan berdiri membuat kepala ade pusing, maka saat duduk ade langsung tidur di pangkuan bapak, dan bapak memijat-mijat kepala ade untuk menghilangkan rasa pusingnya. Hari itu kita berjuang bersama ya pak, meskipun ade tidak diterima bekerja di sana pada saat itu.

Walau Ditertawakan Teman-Teman, Saya Bangga Jadi Anak Kesayangan Bapak

Bapak selalu ada saat ade butuh. Bapak selalu bisa ade andalkan. Saat sekolah SMA dulu, bapak selalu menjemput ade pakai motor. Setiap sore bapak sudah ada di depan gerbang sekolah menunggu ade, meskipun ade tidak pernah minta dijemput. Biarpun terkadang ada teman-teman ade yang mengejek dan menyebut anak manja, tapi ade tidak peduli, ade bangga jadi anak yang dimanja. Waktu ade dapat kerja pertama kali, karena kantornya masih di kota yang sama, bapak melanjutkan kebiasaan menjemput ade pulang kerja. Meskipun ade melarang karena kasihan dengan bapak yang sudah semakin tua, namun bapak tidak pernah mau berhenti menjemput ade pulang kerja. Teman-teman kantor menertawakan karena menganggap itu lucu, tapi ade tetap bangga karena selalu menjadi anak kesayangan bapak.

Pernah suatu sore bapak lupa kalau di siang hari ade menelepon agar bapak tidak perlu menjemput, karena ade ada acara makan malam bersama teman kantor dan pulangnya ade diantar teman. Sore itu bapak tetap datang menjemput dan menunggu di depan kantor hingga malam hari. Bapak terus menunggu, sampai jam sembilan malam. Karena ade belum juga keluar kantor, bapak bertanya ke security dan langsung dijawab bahwa sudah tidak ada orang lagi di dalam kantor, bapakpun pulang. Sesampai bapak di rumah, ade sudah ada, dengan khawatir ade menghampiri bapak dan menyesal kenapa ade ikut acara makan malam itu. Ade membayangkan bapak yang sudah semakin tua, duduk di atas motor dengan sabar menunggu dari sore sampai jam sembilan malam. Usia bapak yang semakin tua membuat jadi sering lupa. Ade sungguh menyesali kejadian itu, dan ade tidak akan membuat hal itu terjadi lagi.

Stroke Membuat Saya dan Bapak Semakin Jarang Ngobrol

Bapakku sayang, banyak hal indah dan manis yang bapak lakukan untuk ade. Bapak selalu ingin membuat ade tersenyum dan tertawa bahagia. Meskipun bapak tidak banyak bicara, namun sikap bapak cukup membuktikan kehangatan dan kasih sayang yang tidak terucapkan dengan kata-kata. Saat penyakit stroke menyerang bapak secara perlahan, ade sedih sekali. Bapak tidak pernah lagi menjemput ade kerja. Bapak semakin sulit bicara dan bergerak, membuat kita semakin sulit untuk ngobrol. Bapak hanya mendengarkan ade bicara. Kita sekeluarga selalu menceritakan hal-hal yang lucu agar bapak tertawa. Kata dokter, bapak tidak boleh sedih dan stress karena bisa membuat penyakit strokenya semakin parah.

Bapakku sayang.. ade selalu ingin membuat bapak bahagia. Ade dilema saat memutuskan akan menikah. Di satu sisi ade yakin kabar ini pasti akan membuat bapak bahagia. Namun dengan kondisi bapak sekarang, penyakit stroke membuat bapak sulit berbicara sehingga tidak memungkinkan menjadi wali nikah ade. Bagaimana mungkin ade menikah dengan wali bukan bapak? Ade ingin bapak yang melakukan ijab kabul tersebut, karena itu hanya terjadi sekali seumur hidup.

Saat lamaran tiba, Fitra calon suami ade menjabat tangan bapak dan meminta ade untuk menjadi istrinya. Saat itu bapak menjabat tangan Fitra erat sekali. Bapak menatap mata Fitra dan mulut bapak bergerak ingin mengatakan sesuatu, namun lidah bapak terlalu kelu tidak mampu berbicara, bapak kemudian menangis tersedu-sedu sambil tetap memegang erat tangan Fitra, seolah-olah ingin menitipkan ade untuk dijaga baik-baik oleh Fitra.

Bapakku sayang.. ade kangen sama bapak, kangen sekali, ade ingin bertemu. Bapak adalah pahlawan ade, bapak terhebat, bapak yang selalu berusaha keras untuk membuat ade tersenyum dan tertawa bahagia. Bapak tidak pernah membuat ade sedih. Saat penyakit stroke pertama menyerang, saat itu ade masih kuliah di luar kota. Bapak melarang ibu untuk memberitahu ade, padahal saat serangan stroke pertama, bapak lumpuh selama sebulan. Bapak tidak mau ade tahu, bapak takut ade sedih dan bisa mengganggu kuliah ade. Ade sedih sekali saat tahu bapak kena stroke, ade sedih tidak bisa melakukan apa-apa.

Serangan stroke kedua terjadi setahun sebelum ade menikah. Serangan terjadi saat bapak sedang di luar rumah. Serangan stroke kedua cukup parah, menyebabkan bapak lumpuh kembali dan sulit bicara. Kali ini lebih menyakitkan, membuat bapak tidak bisa jadi wali nikah ade. Bapak hanya duduk menyaksikan sambil menangis terisak, membuat kebahagiaan itu sedikit terasa pedih. Ade berusaha tidak menangis, karena bapak tidak suka melihat ade menangis. Bapak tidak mau melihat ade sedih, sampai sebulan setelah ade menikah bapak menghembuskan nafas terakhir tanpa ade di sisinya. Bapak selalu begitu, selalu tidak mau ade melihat bapak menderita. Selalu mencari kesempatan saat ade tidak ada.

Tuhan, Saya Titipkan Rindu Ini Untuk Bapak

Bapakku sayang.. sudah empat tahun berlalu, bapak meninggalkan ade. Banyak kenangan manis kita bersama yang masih teringat jelas di pelupuk mata. Ade kangen sama bapak, kangen sekali. Bapak hadir saat perjuangan ade dimulai, kita berjuang bersama, namun bapak sudah tidak ada saat perjuangan itu membuahkan hasil. Bapak tidak ada saat ade sudah memetik buah kesuksesan dari perjuangan yang dulu bapak lakukan. Bapak tidak bisa ikut merasakan kesuksesan ini, dan itu sungguh menyedihkan buat ade, meskipun bapak di sana jauh lebih bahagia.

Saat ade sangat merindukan bapak, saat itulah hati ini begitu sedih dan tersiksa. Ade ingin sekali bertemu dengan bapak, meski lewat mimpi. Terkadang bapak hadir dalam mimpi, namun cuma sebentar, hanya berdiri dan tersenyum. Dalam mimpi ade panggil-panggil bapak, ade bahagia sekali, tapi kemudian selalu langsung terjaga, dan ade tak kuasa untuk tidak menangis karena rindu yang tidak bisa terlampiaskan.

Ade selalu mendoakan bapak agar mendapatkan tempat yang layak di surga Tuhan. Ade juga ingin bapak tahu kalau ade di sini bahagia. Ade selalu tersenyum dan bahagia sesuai dengan apa yang bapak inginkan. Berkat perjuangan bapak selama ini ade bahagia, ade hanya sedih dan menangis saat merindukan bapak. Rindu yang luar biasa dan rasa sedih karena belum bisa membalas semua jasa dan pengorbanan bapak untuk ade.

Ya Tuhan, titip rindu buat bapak. Sampaikan isi surat ini kepadanya, katakan ade tidak pernah sedetikpun tidak merindukannya. Selalu merindukannya, sampai nanti kita akan bertemu di surga. Amin.

Dari ade yang manja dan keras kepala.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading