Sukses

Lifestyle

Pemungut Sampah Jalanan Itu Ternyata Adalah Seorang Jutawan

Ada hal yang sangat sederhana, tapi begitu penting keberadaannya. Seperti kesadaran dan kemauan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Semua orang setuju untuk menjaga lingkungan, namun hanya sebagian saja yang benar-benar melakukannya. 

Dan hanya sebagian kecil, yang tanpa bicara langsung menunjukkan aksinya. Pada orang-orang inilah banyak orang yang merasakan kebersihan dan kenyamanan perlu berterima kasih. 

Ini adalah sebuah kisah nyata yang terungkap awal bulan lalu. Seorang pria jutawan asal Korea yang tinggal di Bahrain, setiap pukul lima pagi selalu ada di jalanan untuk menyapu dan membersihkan daerah di Bahrain. Tak hanya bekerja dengan sapunya, ia juga memunguti sampah yang ada di sana. 

 Video copyright omr94

Tak hanya kaya akan harta, hati dan pikirannya juga kaya. Tuan Yo selain memungut sampah, juga memilah sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak. Ia juga memikirkan dampak bila sampah itu dibiarkan. "Di sini ada banyak sampah, kalau dibiarkan bisa jadi masalah. Orang-orang bisa sakit," ujarnya. 

Baginya selain memungut sampah untuk kebersihan dan kebaikan orang lain, ia juga melihat peluang dari sampah yang bisa dijual atau didaur ulang. Beberapa di antaranya bisa menjadi uang dan peluang. 

Omar yang merekam dan mewawancarai Tuan Yo merasa salut pada pria tersebut. Ini bukan negaranya, tapi ia melakukannya sambil memikirkan sesamanya yang tinggal di bumi. "Tuan Yo adalah contoh yang nyata. Entah berapa banyak orang seperti Mr. Yo yang kita butuhkan untuk menjaga kebersihan bumi ini," ujar Omar. 

Tapi menurut Omar, kalau siapapun di antara kita sadar untuk mengambil sampah yang tampak di muka kita, maka kita semua bisa menjadi Mr. Yo. Bukan hanya mengagumi perbuatannya. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading