Sukses

Lifestyle

Untuk Mencapai Impian, Anda Perlu Menjadi Egois

Karena terbiasa oleh norma dan lingkungan, banyak juga orang yang takut untuk menjadi egois. Egois telah menjadi kata sifat yang negatif dan membuat kita merasa buruk saat melakukannya. Don't worry, Anda boleh kok egois sesekali. 

Tanpa keegoisan, Anda tak bisa menjadi diri sendiri. Tanpa keegoisan, mungkin Anda akan selalu mengiyakan kata orang lain. Tanpa keegoisan, Anda tak bisa menikmati kehidupan Anda sendiri. Tanpa egois, Anda tak bisa mencintai seseorang karena cinta itu harus memiliki. 

Ada kalanya Anda boleh mengedepankan ego, terutama pada saat-saat seperti ini: 

  • Saat Anda diperlakukan dengan tidak adil, jangan takut untuk menuntut keadilan. Anda tak harus selalu memikirkan kebaikan orang lain saat ketidak adilan itu memang salah adanya. 
  • Egois demi mengejar mimpi, karena hanya Anda yang tahu kapasitas dan apa yang Anda inginkan. Ijinkan diri Anda mewujudkannya dan tidak masalah bila Anda ingin mengabaikan rekomendasi orang lain. Hidup hanya sekali, lakukan sesuatu yang membuat hidup Anda terasa berarti. 
  • Menjadi diri sendiri seringkali malah dianggap egois atau sinis. Biasanya karena kebiasaan bicara yang to the point atau kritis, membuat seseorang dianggap demikian, padahal memang begitulah adanya. Berbuat kebaikan kadang dianggap munafik. Ladies, tak akan ada habisnya menanggapi anggapan orang lain. So, go ahead.
  • Tuntutan yang di luar kemampuan kita tidak selalu harus dipenuhi. Terlalu banyak keinginan dari orang lain atau terlalu besar effortnya pada kita namun dengan hasil yang tak seimbang, akan berakibat ketimpangan dalam hidup Anda. Kalau memang Anda tidak bisa, tolaklah. Jadilah orang yang lebih manusiawi, bahkan pada diri Anda sendiri. 
  • Merawat diri sendiri kadang menjadi dilema. Investasi pada diri Anda sendiri bisa membuat Anda lebih bahagia dan lebih bisa membahagiakan orang lain. Termasuk investasi waktu untuk me time. Waktu di mana Anda bisa memanjakan diri Anda sendiri. 
  • Egois karena prioritas adalah hal yang sangat perlu dilakukan orang-orang modern jaman sekarang. Kebutuhan ini banyak dibutuhkan oleh pekerja jaman sekarang yang kadang terlalu mem-push dirinya sendiri. Lupa akan kesehatan dan lupa akan keluarga. Uang bisa dicari, tapi jagalah hidup Anda agar selalu berkualitas. Itu hak Anda karena waktu sangat berharga. 
  • Egois dalam cinta, karena Anda tak mungkin selalu merelakan orang yang Anda cintai pada orang lain yang naksir padanya bukan? Cinta itu memang harus memiliki. Jadi nyatakanlah kalau memang bukan waktunya untuk menyerah. 

Mendahulukan diri kita sendiri dibanding orang lain tak selalu salah. Yang penting kita tak mengganggu hak orang lain atau melakukan hal yang salah. Kadang sedikit egois akan sayup-sayup terdengar cibiran orang. Tapi jangan jadikan itu sebagai batasan Anda untuk melangkah. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading