Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Sedekah Bagi Kehidupan Manusia

Sedekah adalah hal mulia yang diajarkan banyak agama. Sedekah pada dasarnya adalah membagi sedikit rejeki yang Anda miliki untuk orang lain. Mereka yang hidupnya kekurangan materi atau membutuhkan bantuan secara sosial, merekalah orang-orang yang berhak menerima sedekah dari Anda.

Banyak orang menganggap sedekah sebagai bentuk buang-buang uang, padahal ini adalah bagian dari pelajaran akan keikhlasan. Kenapa Anda takut rejeki berkurang jika Tuhan Yang Maha Kaya bisa memberikan banyak hal untuk umat-Nya.

Jika Anda masih berpikir-pikir untuk sedekah, inilah beberapa manfaat sedekah.

    Tanda Syukur Pada Rejeki Yang Diberikan Tuhan

    Sedekah adalah tanda bahwa Anda bersyukur pada rejeki yang diberikan Tuhan. Dari semua rejeki itu, tak hanya berupa materi, tetapi juga bersyukur atas kesehatan Anda sehingga rejeki itu bisa Anda nikmati, juga bersyukur ada orang-orang yang mencintai Anda, yang selalu mendukung agar Anda menghasilkan rejeki yang baik. Maka sedekah adalah salah satu ungkapan terima kasih atas semua nikmat yang sekarang Anda miliki.

    Memberi Berkah Pada Rejeki dan Keluarga

    Jangan pernah takut jatuh miskin karena bersedekah. Justru, orang-orang yang bersedekah sering mendapat keajaiban dan pertolongan tak terduga. Bahkan, rejeki mereka semakin lancar. Lihat saja para tokoh dunia, mereka tidak pernah sungkan mendermakan sebagian kekayaan mereka untuk orang lain. Tapi Anda tentu tak perlu memaksakan diri, belum sekaya dan seberhasil mereka bukan alasan untuk tidak bersedekah, karena sedekah kadang tak selalu berupa materi, bantuan tenaga juga termasuk sebagai sedekah bagi orang lain.

    Membantu Kehidupan Orang Lain

    Dengan bersedekah, Anda sudah membantu meringankan beban orang lain. Baik itu sedekah uang, materi, atau tenaga. Sedekah materi atau uang akan meringankan beban ekonomi orang lain, sedangkan sedekah tenaga akan meringankan beban mereka juga, misalnya Anda menjadi relawan korban bencana alam. Maka tak ada alasan menunggu sedekah jika sudah jadi orang kaya.

    Mempererat Tali Silaturahmi

    Anda tidak pernah tahu akan menjadi apa dan seberapa besar Anda membutuhkan bantuan orang lain. Dengan bersedekah, Anda menambah keluarga baru, teman baru dan kerabat baru. Tidak akan ada yang tahu bagaimana kehidupan Anda ke depannya. Kelak, jika Anda butuh bantuan, tidak menutup kemungkinan mereka akan membantu Anda. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas bersedekah.

Tunggu apalagi, bersedekahlah pada orang yang memang benar-benar membutuhkan bantuan Anda. Jangan pernah takut miskin karena sedekah, karena Tuhan Maha Kaya dan akan melipatgandakan pahala mereka yang ikhlas bersedekah.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading