Sukses

Lifestyle

Seniman Ini Melawan Gambaran Perempuan Cantik di Masyarakat dan Media Dengan Karya Seni Kreatifnya

Ladies, bagaimana gambaran seorang wanita yang cantik menurut Anda? Langsing, tinggi, berkulit putih, memiliki jari tangan yang lentik? Apakah benar gambaran cantik adalah yang seperti disebutkan di atas ya, Ladies?

Banyak kritikus media dan seni yang menyatakan semua gambaran 'cantik' tersebut sesungguhnya adalah standar yang diciptakan masyarakat dan media, lho. Salah satunya adalah apa yang didokumentasikan oleh seorang seniman visual bernama Jessica Ledwich berikut ini.

Dilansir oleh fastcocreate.com, seniman visual asal Melbourne ini membuat sebuah proyek seni berjudul "The Fanciful, Monstrous Feminine". Foto-foto yang ditampilkan dalam seri beraliran surrealisme ini menunjukkan bagaimana selama ini para perempuan terobsesi menjadi cantik sesuai standar masyarakat. Demi tampil cantik, para perempuan rela menjalani perawatan yang cukup menyakitkan misalnya tanning atau menggunakan sepatu berhak tinggi yang tak nyaman.

Lalu, dari mana ide ini muncul? "Seperti kebanyakan perempuan, saya menghabiskan banyak waktu untuk membaca majalah fashion dan kecantikan. Saya terkagum-kagum bagaimana cara mereka membentuk persepsi saya dan teman-teman saya tentang bagaimana saya seharusnya tampil," ujar Jessica. "Saat saya berusia 20-an, tiba-tiba saya menyadari tingginya tekanan masyarakat pada para perempuan muda untuk tampil seperti apa yang tampak di media. Ini tampak seperti beauty agenda setting yang sengaja dirancang."

Karya yang ditampilkan oleh Jessica ini adalah kritik bagi media-media di seluruh dunia tentang bagaimana mereka mengkonstruksi gambaran perempuan yang ideal di masyarakat. Padahal, setiap perempuan punya cara dan keunikan masing-masing dan itulah yang membuatnya canti. Setuju kah Anda dengan pendapat Jessica? Bagaimana gambaran perempuan yang cantik menurut Anda, Ladies? Bagikan pendapat Anda di kolom komentar berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading