Sukses

Lifestyle

Kisah Pengorbanan Mereka di Balik Gadget Canggih Yang Anda Beli

Saat ini, jutaan orang di dunia menikmati canggihnya android, smartphone dan berbagai gadget yang mereka miliki. Membeli dengan harga yang reasonable demi sebuah gaya hidup atau pekerjaan.

Jaman memang terus bergulir dan Anda perlu mengaktualisasi diri lewat beberapa hal, misalnya ponsel. Namun di balik ponsel canggih yang bisa memberikan Anda foto selfie atau foto narsis terbaik itu, ada pengorbanan orang-orang yang tak pernah Anda temui, namun membuatkan ponsel itu untuk Anda.

Video copyright Youtube/Who Pays Film

Dilansir dari Elite Daily, kebanyakan perangkat smartphone di dunia ini, dibuat oleh para pekerja di China. Mayoritas pekerja ini adalah anak-anak muda yang masih berusia belasan tahun dan memutuskan keluar dari rumah untuk bekerja agar tak menjadi beban bagi orang tua.

Mereka bekerja lebih dari 10 jam sehari dan hanya punya hari libur sehari dalam satu bulan. Mereka yang terjun dalam industri pembuatan perangkat ponsel dan gadget canggih ini, setiap hari harus bergulat dengan sebuah bahan bernama Benzene, di dalam ruangan dengan aroma yang pengap dan hampir tak ada ventilasi.

Lama berkutat di dalam ruangan tersebut, membuat mereka tak menyadari bahwa bahaya benzene telah mencederai kesehatan mereka. Semestinya ketika mereka berada di usia 20-an, mereka tengah dalam masa kejayaannya. Namun ternyata, mereka harus divonis terkena leukemia.

Penggunaan bahan-bahan berbahaya seperti benzene menjadi masalah serius yang masih diperdebatkan hingga kini. Secara produksi memang bisa menguntungkan perusahaan, namun banyak pekerja yang mempertaruhkan nyawanya untuk mata pencaharian ini.

Demi gadget canggih yang ada di genggaman Anda, mungkin ada orang yang harus membayar dengan nyawanya. Kenyataan ini memang miris. Tak berarti Anda harus membenci gadget yang Anda miliki. Hanya saja, mari melirik kenyataan lain yang ada di balik ponsel kita.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading