Sukses

Lifestyle

Kutipan Penyemangat Dari Nelson Mandela Bikin Hidup Lebih Hidup

Meskipun tidak begitu dikenal oleh generasi muda saat ini, mantan Presiden Afrika Selatan ini adalah sosok yang sangat menginspirasi dan patut dikenang. Dalam sepak terjangnya memperjuangkan nasib bangsanya, Nelson Mandela tentu telah banyak merasakan asam garam kehidupan dan mengalami jatuh-bangun di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa kutipan dari Nelson Mandela yang mungkin bisa membuat Anda lebih semangat dalam menghadapi hidup yang selalu getting tougher ini.

Terus Berjuang apapun yang terjadi

Do not judge me by my successes, judge me by how many times I fell down and got back up again.” Yang kurang lebih artinya adalah "Jangan menilaiku dari kesuksesan yang kuraih, tapi dari berapa kali aku jatuh dan berusaha untuk bangkit kembali."

Dari sini tergambar bahwa di balik kesuksesan yang nampak, tidak ada jalan yang lumus di belakangnya. Pasti ada naik turun, batu, jurang dan sebagainya yang menghalangi kita untuk mencapai tujuan. Hal yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana kita bangkit setiap kali hambatan tersebut menjatuhkan kita.

Lepaskan semua dendammu

“Resentment is like drinking poison and then hoping it will kill your enemies.” Menurut Mandela, menyimpan rasa dendam itu layaknya meminum racun, tapi kita berharap musuh kita yang akan mati.

Hal tersebut tentu tidak mungkin terjadi ya, Ladies. Intinya, dendam hanya akan menggerogoti jiwa kita sendiri dan membuat kita tersiksa. 

Setiap orang punya keberanian

"Aku mengamati bahwa ternyata keberanian bukanlah bagaimana kita tidak merasa takut sama sekali, tapi bagaimana menaklukkan rasa takut yang kita miliki."

Orang-orang sukses, sosok wanita inspiratif, mereka semua memiliki rasa takut, bedanya hanya terletak pada besarnya tekad untuk menaklukkan rasa takut tersebut sehingga mereka akhirnya mencapai puncak kesuksesan.

Sukses itu bisa diraih

Everyone can rise above their circumstances and achieve success if they are dedicated to and passionate about what they do.” "Seseorang pasti bisa mencapai kesuksesan selama mereka sungguh-sungguh dan mencintai apa yang mereka lakukan."

Tak perlu terlalu mendengarkan orang bahwa Anda tidak bisa ini dan itu. Temukan passion Anda, cintai apa yang Anda lakukan dan raihlah kesuksesan Anda.

Cobalah untuk memaafkan

"Forgiveness liberates the soul, it removes fear." Dengan memaafkan, jiwa atau perasaan kita akan terasa bebas dan tidak ada lagi takut yang kita rasakan. Seperti itulah kurang lebih yang disampaikan Mandela.

Dan mungkin, Ladies, kita bisa memulainya dari memaafkan diri sendiri, dengan berhenti menyalahkan diri atas segala ketidaksempurnaan dan apa yang tidak kita miliki.

Bagaimana, Ladies, sudah lebih tergugah untuk menjalani hidup yang lebih hidup? Tetap semangat dan keep smile!

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading