Sukses

Relationship

7 Rahasia Kehidupan Orang yang Selalu Merasa Bahagia

Fimela.com, Jakarta Orang bahagia itu harus bagaimana? Apakah harus punya banyak uang, punya barang-barang mewah dan liburan ke luar negeri? Faktanya, kebahagiaan tidak selalu bisa dihitung dari materi. Menjadi bahagia tidak selalu berhubungan dengan memiliki uang dan kekayaan melimpah. Kebahagiaan itu datang dari dalam diri sendiri, dan bisa diraih dengan beberapa cara. Ini dia caranya.

1. Baik pada diri sendiri

Baik pada orang lain adalah perbuatan terpuji dan sudah biasa. Tapi sudahkah kamu berbuat baik pada dirimu sendiri? Kadang kita lupa bahwa memperlakukan diri sendiri dengan baik itu penting. Ketahuilah bagaimana cara menghargai diri sendiri, memuji dan menyanjung betapa tangguhnya dirimu selama ini berproses dalam menjalani hidup. Tidak ada salahnya memanjakan diri sendiri sesekali. Jangan terlalu berlebihan merendahkan, meremehkan, mengkritik apalagi membandingkan diri sendiri. Liburan, perawatan tubuh atau membeli baju baru bisa menjadi hadiah kecil untuk diri sendiri. Itu adalah bukti bahwa kamu bersyukur pada dirimu sendiri. Seringkali baik pada diri sendiri adalah pengingat bahwa kamu pun butuh disayangi. 

2. Mencari apa yang disuka dan berusaha meraihnya

Apakah kamu sudah memiliki tujuan hidup? Misalnya ingin membuka toko kue atau menulis novel? Carilah apa yang paling kamu inginkan dalam hidup dan berusahalah untuk meraihnya. Mencari kebahagiaan itu sebenarnya sederhana, salah satunya adalah mengikuti kata hati. Menjalani apa yang paling kamu minati dan sukai bisa menjadi sumber kebahagiaan tersendiri karena kamu menjalaninya dengan setulus hati. Jika kamu tidak menjalani hal yang tidak kamu suka, hidup pasti stres dan tertekan karena tidak ikhlas menjalaninya.

3. Perbaiki atau tinggalkan hubungan yang tidak bahagia

Ini yang sering menjadi penyakit kebahagiaan hidup perempuan. Menjalani cinta yang toxic hanya akan menimbulkan luka batin dan stres luar biasa. Jalan satu-satunya agar merasa bahagia tentu dengan keluar dari hubungan beracun tersebut, jika memperbaikinya tidak bisa dilakukan. Namun semisal masih bisa diperbaiki, maka itu akan menjadi luar biasa. Banyak perempuan merasa terjebak dengan hubungan cinta yang buruk hanya karena rasa sayang yang besar kepada seseorang, tapi lupa dia seharusnya juga menyayangi dirinya sendiri agar tidak menderita. 

4. Menghadapi ketakutan dan trauma

Setiap orang punya ketakutan dan trauma tersendiri. Kamu hanya bisa berkembang jika bisa melawan ketakutan dan trauma itu karena berarti kamu memiliki keberanian untuk menatap masa depan yang lebih baik. Kebahagiaan tidak akan tercipta ketika kamu mandeg dan terjebak dengan masa lalu yang kelam. Ketika semua hal berjalan terus di sekitarmu tapi kamu tetap hidup dengan luka dari masa lalu, kebahagiaan mau datang dari mana? Yang harus kamu lakukan adalah menghadapinya, bukan terus meratap dengan air mata. Masalah tidak akan selesai jika tidak diselesaikan, termasuk masalah dengan hatimu sendiri. 

5. Tidak takut melakukan kesalahan dan belajar dari itu

Tidak ada orang yang sempurna, terimalah hal itu, termasuk dirimu. Setiap orang tidak luput dari perbuatan salah. Namun yang membedakan kamu dengan batu atau pohon adalah kamu berkembang, kamu bisa berubah menjadi pribadi lebih baik dan belajar untuk tak mengulangi kesalahan yang sama. Manusia itu makhluk yang bisa berubah dan progresif dan dinamis. Kamu bisa belajar dari kesalahan itu dan menjalani hidup lebih baik lagi. Hidup yang sempurna adalah ketika kamu hidup dengan melakukan kesalahan, tetapi berupaya untuk tidak melakukan kesalahan yang sama nantinya.

6. Meninggalkan kebiasaan buruk

Jika kamu sadar punya kebiasaan buruk dan itu perlahan dapat merusak kehidupanmu, maka segera tinggalkan kebiasaan itu. Kebiasaan buruk ada macam-macam, mulai dari gaya hidup hingga sifat. Dan hidup itu pilihan, kamu bisa mmeilih untuk tetap menjadi dirimu yang tak menjadi lebih baik karena mempertahankan kebiasaan buruk atau berubah menjadi lebih baik. Kamu bisa memilih untuk berhenti merokok, rajin bangun pagi, berhenti bermalas-malasan, berhenti begadang dan sebagainya jika ingin bahagia. Akan selalu ada perubahan baik yang mendatangkan kebahagiaan ketika kamu membuang kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan baru yang baik. Terutama kamu akan merasa telah mencapai sesuatu dan menjadi dirimu yang "baru". 

7. Tidak terlalu mencemaskan masa depan

Masa depan siapa yang tahu? Bisa saja manis, bisa juga pahit. Satu hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan yang terbaik untuk saat ini. Banyak orang jadi stres karena terlalu mengkhawatirkan masa depan yang tidak pasti dan tak bisa diprediksi. Mempersiapkan masa depan tentu bagus dengan berusaha melakukan yang terbaik hari ini, lalu pasrahkan semua pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Itulah kunci merasa bahagia dengan apa yang kamu miliki saat ini. lebih banyaklah bersyukur dan tenangkan pikiran.

Itulah beberapa rahasia agar kamu selalu merasa bahagia. 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading