Sukses

Lifestyle

Berkah Bukber (Buka Bersama)

Mengapa orang seolah berlomba menggelar buka bersama? Ternyata keutamaan memberi makan orang berpuasa tidak main-main. Rasulullah SAW. bersabda, “Barang siapa memberi makan berbuka orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa dan pahala orang yang berpuasa itu tidak berkurang sedikit pun.” (HR Tirmidzi)

Yang dipertanyakan adalah ketika bukber ‘lepas kendali’. Makanan berlimpah, shalat maghrib ditinggalkan, dan membicarakan aib orang lain. Bukber menjadi ajang melepas lapar dahaga sebebas-bebasnya, tanpa ada kesempatan untuk mengingat Allah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berbuka:

1. Memilih buah-buahan sebagai makanan manis tanpa gula buatan. Dokter Ahli Gizi Samuel Oetoro dalam sebuah artikel mengatakan pentingnya mengonsumsi buah-buahan saat puasa. Di antaranya: blewah (vitamin A menyerap zat-zat yang tak diperlukan tubuh dan mengatasi mual), pepaya (vitamin C dan provitamin A melancarkan pencernaan), pisang (vitamin A, B1, B2, dan C menjaga asam lambung dan keseimbangan air dalam tubuh), apel (vitamin A, B, C membantu menurunkan kadar kolesterol), dan stroberi (vitamin A, B1, B, C, dan antioksidan menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus).

2. Memilih karbohidrat kompleks seperti ubi, beras merah, dan gandum untuk menghasilkan energi yang tahan lama.

3. Mengonsumsi air putih, setidaknya satu liter sejak tidur malam hingga bangun sahur.

4. Mengurangi makanan pedas dan bersantan karena bisa ‘mengagetkan’ lambung dan membuat cepat kenyang.

Source : Elzatta

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading