/inspiring/lentera/23766-inspirasi-mereka-pun-bisa-ikut-kontes-kecantikan-karena-semua-wanita-itu-cantik.html

Inspirasi: Mereka Pun Bisa Ikut Kontes Kecantikan Karena Semua Wanita Itu Cantik

Jum'at, 28 Juni 2013 12:30



(c) dailymail.co.uk

Vemale.com - Saat mendengar istilah kontes kecantikan, kita pasti sudah membayangkan banyak wanita cantik dengan tubuh yang jenjang dan langsing serta paras rupawan. Mereka bukan sosok sempurna, namun secara kasat mata mereka memiliki kesempurnaan yang diinginkan banyak wanita.

Di Amerika, ternyata ada sebuah kontes kecantikan bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Dengan nama Miss You Can Do It, kontes ini mengajak gadis-gadis muda yang memiliki kebutuhan khusus untuk turut serta di dalamnya.


(c) dailymail.co.uk(c) dailymail.co.uk

Abbey Curran adalah pencetus ide ini bersama temannya yang memiliki masalah cacat mental. Hal ini tercetus setelah temannya itu dilarang oleh orang tuanya karena takut banyak orang kan menertawakan gadis itu bila mengikuti kontes kecantikan.

Banyak orang (bahkan kadang orang terdekat mereka) yang meremehkan anak-anak berkebutuhan khusus ini. Padahal, mereka juga orang-orang yang memiliki keinginan dalam hidupnya. Perbedaan membuat mereka seringkali mendapatkan diskriminasi di lingkungan masyarakat.

Tahun 2008, Curran menjadi wanita pertama yang memiliki riwayat cacat, namun tetap bisa mengikuti kontes Miss USA. Hal ini membuat gadis lainnya yang memiliki persamaan dengan Curran, ingin mengikuti jejaknya.

Kontes Miss You Can Do It adalah salah satu kontes kecantikan yang berusaha mendobrak paradigma kontes kecantikan masa kini yang lebih menonjolkan kecantikan dan kesempurnaan fisik. Well, hal ini tampak klise, namun memang pada dasarnya kontes seperti ini perlu dilakukan karena semua orang berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih sesuatu dalam hidup mereka.


(c) dailymail.co.uk(c) dailymail.co.uk

Dalam kontes kecantikan ini, banyak peserta yang mengalami Down Syndrome. Meski dalam keadaan demikian, mereka memiliki potensi yang bisa ditunjukkan. Di antaranya Teyanna, yang masih berusia 12 tahun dan menuliskan essay yang ia bacakan dalam event tersebut.

"Arti dari ketidakmampuan ini adalah tak memiliki kekuatan," kata Teyanna. "Tapi aku punya kekuatan untuk melakukan apapun yang aku ingin coba lakukan. Itulah yang membuatku mampu," lanjutnya. Pidato mengesankan ini hanya sedikit kisah dari mereka yang ikut serta menunjukkan kemampuan.

Dalam kebanyakan lingkungan mereka yang mengalami cacat mental, salah satunya Abbey Curran, seringkali lingkungan menghempaskan harapan mereka dengan mengatakan, "Ayolah, berpikirlah realistis. Kau tak akan bisa melakukannya."

Realistis memang diperlukan untuk melihat kenyataan yang ada, namun seringkali kita lupa bahwa siapapun punya impian dan potensi yang sama untuk mencapai impian itu. Perbedaannya hanya pada tekad, bukan ketidaksempurnaan yang dimiliki.

Hal inilah yang juga menjadi misi mulia Curran, untuk mengangkat mereka yang sering diremehkan, agar sama-sama bisa menunjukkan kemampuan mereka sebagaimana orang lain.

Baca Juga

Foto Menyentuh: Pengantin Wanita Menangis di Makam Ayahnya

Petani Ini Menempuh Jarak 6.400 km Mencari Istrinya Yang Hilang

Gara-Gara Obat Jerawat, Wanita Ini Tak Jadi Punya Anak

Dulunya Pria, Transgender Ini Sukses Jadi Kontestan Miss Kecantikan

Ingin Sempurna, 2 Tahun Gadis Ini Tak Hapus Makeup di Wajahnya

Kisah Inspirasi: Kanker Payudara Tidak Membuatku Putus Asa

Gadis Pengidap Kanker Meninggal Dunia Setelah Berhasil Bertemu Dengan Justin Bieber

(vem/gil)





ARTIKEL TERKAIT - LENTERA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

27 Oktober - 2 November
Sibuk sibuk dan sibuk Bersabar dan fokus merupakan hal yang harus...