Sukses

Lifestyle

Ketika Begitu Sulit Untuk Mengungkapkan Maaf

Sebagian orang sulit mengungkapkan kata 'terima kasih' karena gengsi. Biasanya orang seperti ini merasa bisa melakukan semuanya dan setengah lupa bahwa mereka membutuhkan orang lain. Atau, mereka bukan tipe yang peka pada orang lain.

Ada juga orang yang sulit mengucapkan kata maaf, dan lagi-lagi karena gengsi. Memang sudah menjadi cerita lama bahwa mengucapkan maaf dan terima kasih itu sulit sekali dilakukan banyak orang, ketimbang mengucapkan berbagai kata lainnya. Saat kita masih kecil, kita selalu diajarkan untuk berkata terima kasih dan maaf, dan kedua kata itu terungkap dengan mudah dari mulut kecil kita.

Namun ketika dewasa, kedua ungkapan tersebut sepertinya ikut bertambah berat seperti berat badan tubuh kita yang melonjak karena pertumbuhan. Bahkan mungkin bisa lebih. Mengucapkan terima kasih mungkin masih bisa dilakukan dengan tulus, namun tidak demikian nasibnya dengan kata maaf.

Misalnya ketika kita remaja, selisih pendapat dengan orang tua. Saling diam antara kita dengan ayah atau bunda semalaman. Esok paginya ketika penyesalan berlabuh, kata 'maaf' rasanya sudah di ujung lidah, namun begitu sulit keluar. Atau ketika kita sedang marahan dengan pacar, dan lagi-lagi penyesalan datang. Namun ketika kita ingin minta maaf, malah menjabarkannya menjadi berbagai ungkapan tak berujung dan membuat kita berakhir dengan kehabisan kata-kata. 

Maaf itu sering dianggap sebagai kekalahan. Pembuktian bahwa kita 'tersandung', salah, dan jatuh... dan malu. Ada rasa malu yang menyergap dalam sebuah penyesalan atas kesalahan. Namun menuruti rasa malu pun tak akan menyelesaikan masalah. Menurutinya hanya akan membuat kita menunda makin lama sehingga kata 'maaf' ini terkesan kadaluwarsa.

Sahabat Vemale, tak ada sosok yang sempurna. Kadang hidup ini bukan masalah menang atau kalah, karena kita pun tak bisa hidup tanpa orang lain yang menyayangi kita maupun musuh kita. Maaf adalah sebuah ungkapan besar yang merefleksikan cara pandang kita dalam menghargai sebuah hubungan, sebuah pengalaman dan pelajaran di dalamnya.Dan kata 'maaf' mungkin tak bisa mengembalikan keadaan seperti semula, namun setidaknya ia menyelamatkan hidup Anda dari dendam dan ketakutan.

Jangan ragu dan takut mengatakan 'maaf'. Satu kata dengan sejuta makna ini tak akan pernah menunjukkan kehebatannya kalau Anda tak segera mengungkapkannya. Mari menjadi pribadi yang lebih bijaksana dan sportif untuk mengakui kesalahan  Semoga bermanfaat, Ladies.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading