Hidup Itu Takdir Atau Pilihan

Jum'at, 17 Juli 2009 08:00



Life is a choice (c) flickr

Vemale.com - Oleh: Agatha Yunita

Belum dapat kerjaan? "yah..namanya juga sudah takdir". Belum punya pacar? "yah..namanya juga sudah takdir". Tak kunjung naik jabatan? "yah..namanya juga sudah takdir". Mobil baru kok belum kebeli juga ya? "yah..namanya juga sudah takdir". Kapan sih lulus kuliah? "yah..namanya juga sudah takdir". Apakah benar semua itu adalah takdir? Anda yakin?

WomanOnlytidak!

Itu semua bukanlah takdir Anda! Jika selama ini banyak orang bilang bahwa kegagalan Anda, atau kesuksesan Anda adalah takdir, rupanya Anda berbicara pada orang yang salah. Hidup ini bukan pasrah dan hanya berserah pada nasib atau takdir tanpa perjuangan yang berarti. Hidup ini artinya lebih dari semua hal kuno yang dianggap sebagai takdir.

Ketika Anda berjalan ada banyak cabang di depan Anda. Anda bisa saja memilih ke kiri, ke kanan, ke depan atau kembali ke belakang ke tempat Anda semula. Semua itu adalah pilihan yang Anda temui di dalam hidup.[break]

Apa sih yang menyebabkan Anda belum punya pekerjaan? Apakah Anda sudah berusaha melamar ke mana-mana? Anda mungkin dengan kesal menjawab, ya tentu saja sudah! Dan ternyata malah belum dapat juga hingga sekarang. Bukan salah takdir jika Anda belum mendapat pekerjaan yang Anda impikan. Anda mungkin terlalu pemilih, atau ada yang salah dari CV Anda, perlu mengubah sedikit beberapa hal dari diri Anda. Bagaimana mempromosikan diri lewat CV tersebut, bagaimana aktifnya Anda mencari di koran, atau mengikuti job fair. Itu semua adalah usaha yang merupakan pilihan bagi Anda demi mencapai apa yang Anda inginkan.[break]

Sampai sekarang belum punya pacar? Apakah Anda ditakdirkan untuk sendiri? Tak ada orang yang ditakdirkan hidup sendiri, Yang Maha Kuasa menciptakan kita untuk saling menolong dan melengkapi. Jika memang selama ini Anda masih sendiri, sebaiknya Anda lihat ke dalam diri Anda, apa yang kurang maksimal ya? Atau kah cara Anda dalam mencari pasangan? Atau mungkin sikap Anda yang kurang menyenangkan dan kaku? Mungkin juga cara Anda berpenampilan.

Ada yang bilang jodoh itu akan datang sendiri. Anda percaya? Sebaiknya memang tidak, sekalipun Anda adalah wanita, jodoh tidak datang sendiri. Jodoh, pasangan datang karena Anda berusaha. Apakah dengan menodong orang dan menanyakan pada mereka jodohkah, cintakah mereka kepada Anda? Tentu saja bukan! Perbaiki kualitas diri dari dalam dan luar, baik fisik maupun kepribadian. Jalin banyak pertemanan, jadilah diri sendiri, dan pribadi yang menyenangkan, bukankah memang seharusnya begitu?[break]

Semua di dalam hidup ini terlebih adalah suatu pilihan, bukan melulu takdir yang dipersalahkan. Anda diberikan kuasa untuk menentukan jalan hidup Anda.

Contoh kecil saja: Anda ingin mendapatkan nilai yang bagus dalam suatu ujian. Ada beberapa pilihan, Anda belajar sungguh-sungguh dan mendapatkan nilai bagus, atau Anda tidak belajar dan mendapatkan nilai jelek. Atau cara curang dan hina, mendapatkan nilai bagus dari mencontek. Semuanya adalah pilihan bukan melulu takdir. Apa yang Anda rasakan dan dapatkan saat ini terlebih adalah hasil dari usaha maksimal yang Anda lakukan.

Jadi jika Anda ingin memiliki hasil yang sangat memuaskan, ingin meraih segala yang Anda inginkan, buat suatu pilihan bijaksana dan maksimalkan usaha keras Anda. Niscaya keberhasilan itu akan Anda raih. Karena hidup adalah suatu pilihan, sesuatu yang harus diraih dan tak hanya ditunggu.

(vem/bee)







ARTIKEL TERKAIT - LENTERA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

1 September - 7 September
Capek sekali di minggu ini namun Anda harus tetap bertahan Pertahankan...