Sukses

Lifestyle

Resolusi 2012: 'Saya (Tidak) Akan ...'

Vemale.com- Di awal tahun, sudah menjadi kebiasaan positif untuk mendata kekurangan dan kegagalan yang terjadi di tahun sebelumnya, dan menentukan langkah perbaikan untuk satu tahun ke depan. Namun dari sekian banyak orang yang melakukannya, bisa dipastikan hanya sedikit orang yang berhasil melakukan resolusinya.

Niatan dari dalam hati adalah penentu utama keberhasilan seseorang untuk melakukan sesuatu, dan kita bisa melakukan beberapa hal untuk mempermudah menguatkan niatan kita. Tidak selalu 'melakukan sesuatu', Anda juga harus 'menghindari sesuatu' untuk menyukseskan rencana dan resolusi yang telah dibuat.

Apa yang harus dihindari, tentu Anda sudah hapal. Di antaranya adalah tidak boleh memasang target yang terlalu jauh dari jangkauan, tidak boleh langsung memenuhi jadwal satu tahun ke depan dengan rencana-rencana yang terlalu mengikat, dan tidak boleh banyak berkoar-koar sebelum Anda yakin dengan langkah untuk mencapai target.

Nah, sekarang tentang sesuatu yang harus dilakukan untuk perbaikan di satu tahun ke depan. Mungkin Anda berpikir sangat perlu untuk menentukan apa saja yang ingin Anda capai, namun tidak demikian. Menentukan apa yang tidak akan Anda lakukan ternyata akan lebih mudah dilakukan ketimbang menentukan apa saja yang akan Anda gapai.

Ini sama halnya dengan mengkritik lebih mudah daripada memberi saran. Mewujudkan 'saya tidak suka bersikap pasif saat bergaul' akan lebih memberi dorongan daripada 'saya harus lebih aktif dalam bergaul di setahun ke depan ini'. Untuk tahun ini, cobalah menyusun daftar apa saja yang Anda tidak sukai dan apa yang ingin Anda hindari. Setelah tersusun, lakukan screening kembali untuk menentukan mana yang positif dan mana yang negatif, serta mana yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan.

(vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading