Sukses

Lifestyle

Biar Rezeki Makin Berkah, Sisihkan Sebagian Buat Sedekah

Sudahkah kamu bersyukur atas rezeki yang diberikan Tuhan untukmu hari ini, bulan ini atau tahun ini? Dan sudahkah kamu menyisihkan sebagian rezeki kamu untuk bersedekah? Untuk membantu orang lain di sekitar yang lebih membutuhkan atau menyisihkannya untuk meringankan beban hidup orang lain?

Banyak sedikit rezeki yang kamu dapatkan setiap harinya, jangan pernah lupa apalagi sengaja melupakannya untuk menyisihkan sebagian sebagai bekal sedekah. Bersedekah merupakan kewajiban bagi setiap orang. Sedekah sendiri tak harus dilakukan dengan memberi orang lain uang. Segala bantuan yang diberikan dengan ikhlas, tulus dan mengharap ridhoNya adalah sedekah.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya. Engkau berlaku adil kepada dua orang (yang bertikai, berselisih) adalah sedekah, engkau membantu menaikkannya ke atas hewan tunggangannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah. Setiap langkah yang engkau jalankan menuju tempat ibadah untuk shalat adalah sedekah, dan engkau menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah," (HR. Bukhari & Muslim)."

Sedekah Adalah Wujud Rasa Syukur

Cara termudah mensyukuri nikmat yang dirahmatkan Tuhan adalah dengan bersedekah. Melalui sedekah, kamu bisa merasakan bahwa membantu orang lain adalah hal yang begitu mulia. Sementara saat mengetahui orang lain yang kamu bantu merasa bahagia, sadar atau tidak, kamu pun akan merasa lebih bahagia darinya.

Melakukan sedekah adalah kewajiban setiap orang | Photo: Copyright flickr.com

Bersedekah adalah moment untuk meningkatkan rasa syukur di dada. Tak hanya itu, melalui sedekah, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih sabar, lebih rendah hati dan lebih menghargai setiap rezeki yang kamu dapatkan setiap harinya. Sedekah juga akan membuat perasaan jadi lebih tenang, nyaman serta terjaga.

Melalui Sedekah, Rezekimu Makin Bertambah

Tak perlu khawatir apalagi takut jika rezeki kamu akan berkurang saat kamu menyedekahkan sebagian buat orang lain. Alih-alih berkurang, rezeki kamu pun akan semakin bertambah dan berkah. Bukankah Tuhan telah menjanjikan berlipatnya rezeki yang hendak kamu dapatkan selama kamu mau sedekah?

Sedekah adalah moment yang begitu baik dan dianjurkan | Photo: Copyright nasserrahmman.blogspot.com

Tanpa kamu sadari, melalui sedekah, bisa jadi orang yang kamu bantu akan mendoakan segala kebaikan dan keberlimpahan rezeki untukmu. Sementara itu, doanya diijabah oleh Tuhan suatu saat nanti. Mengenai rezeki tak melulu berupa materi. Tubuh yang selalu sehat, jauh dari risiko sakit, perasaan yang selalu bahagia dan kemudahan dalam segala urusan adalah bentuk rezeki yang wajib disyukuri serta dinikmati.

Banyak Sedikit Rezeki Tak Ada Alasan Buat Malas Berbagi

Banyak sedikit rezeki yang kamu dapatkan setiap hari, tak ada alasan buat malas berbagi atau sedekah. Melakukan sedekah tak harus menunggu kamu kaya dan kebutuhan kamu tercukupi semuanya. Sedekah wajib dilakukan kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja khususnya kepada mereka yang sangat-sangat membutuhkan bantuan kamu.

Selama kamu ikhlas dan tulus dalam bersedekah, rezeki yang sedikit tak akan menghalangi niatmu buat berbagi. Percayalah, Tuhan akan mengganti setiap sedekah yang kamu berikan kepada orang lain. Saat bersedekah, utamakan untuk bersedekah pada orang-orang yang sangat membutuhkan dan dekat dengan kamu. Utamakan bersedekah pada keluarga, sanak saudara atau tetangga di sekitarmu.

Sefekah tak hanya dilakukan saat rezeki berlimpah melainkan kapan saja kamu dapat rezeki banyak ataupun sedikit | Photo: Copyright pinterest.com

Saat bersedekah, penting juga untuk menghilangkan perasaan sombong, angkuh juga sok kaya dari dalam dada. Sedekah yang dilakukan dengan tulus, ikhlas tanpa mengharap pujian serta imbalan dari orang sekitar, hal ini akan membuat rezeki yang kamu dapatkan akan semakin berlimpah, semakin berkah dan membawa kebaikan yang indah.

Jadi Ladies, masih ragu buat menyisihkan sebagian rezeki kamu untuk bersedekah? Semoga, kita semua bisa menjadi pribadi yang rajin bersedekah, mensyukuri setiap rezeki yang didapat. Semoga juga kita senantiasa diberikan rezeki berlimpah lagi bermanfaat oleh Tuhan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading