Sukses

Lifestyle

Festival Jakarta Kreatif 2016 Siap Lahirkan Ikon Baru Ibu Kota

Ladies, jika ada kerabat atau teman yang datang ke Jakarta dan meminta kamu mengajaknya membeli oleh-oleh, ke mana kamu membawa mereka? Tanah Abang di bilangan Jakarta Pusat? Atau mal terdekat yang menjamur di Jakarta. Sorry to say, Jakarta memang belum memiliki pusat kerajinan yang mewakili "wajah"-nya sebagai pusat Ibu Kota Indonesia.

Dikatakan Veronica Tan, Ketua Dewan Kerajinan Daerah Jakarta, bahwa Jakarta memiliki banyak potensi seniman yang bisa merancang ikon kotanya. Jakarta juga bukan hanya "berwajah" Monas, ondel-ondel, atau bajaj, melainkan banyak hal di luar itu yang bisa mewakili kota terpadat di Pulau Jawa ini.

Peran Festival Jakarta Kreatif (FJK) yang digelar 11 hingga 14 Oktober 2016 di The Hall, Senayan City, Jakarta Pusat, dibutuhkan. "Festival Jakarta Kreatif ini sebagai wadah desainer untuk merancang segala yang berhubungan dengan Jakarta untuk kemudian diberdayakan dan dijual," kata Veronica di acara jumpa pers FJK, Selasa, 11 Oktober 2016.

Veronica Tan menambahkan bahwa perhelatan ini tidak hanya bersifat seremonial. Tapi berkelanjutan dalam memproduksi desain yang diciptakan kaum muda, terutama mahasiswa, menjadi barang yang bisa dipakai dan dijual.

Salah satu botth FJK 2016 | copyright: redaksi Vemale 2016

Lalu dari mana saja desain-desain itu didapat dan dikumpulkan? Semua rancangan ini dijaring dari roadshow yang dilakukan Pemerintah Daerah DKI Jakarta di lima kampus yang tersebar di Jakarta, terutama yang memiliki Fakultas Seni Rupa dan Desain.

"Dari situ kami mendapat 100 peserta yang berkompetisi dan didapat 20 finalis. Tanggal 14 Oktober 2016 nanti merupakan acara puncak pengumuman pemenangnya, akan ada lima pemenang," ujar Iwet Ramadhan, Head Of Sales and Marcomm MRA Broadcast Media Division, yang merupakan partner DKI Jakarta dalam FKJ 2016.

Diharapkan desain yang didaulat sebagai yang terbaik bukan hanya mendapat gengsi. Namun diharapkan juga mendapat modal untuk memproduksi rancangannya menjadi barang jadi.

"Ternyata ada banyak anak muda yang mau ikut bikin desain souvenir Jakarta. Kita tampung semua hasil kerja kreatif mereka," tambah Sonti Pangaribuan sebagai Ketua Pelaksana Festival Kreatif Jakarta.

Desain FJK 2016 | copyright: redaksi vemale

FJK 2016 sendiri akan diisi dengan pertunjukan musik, festival jajanan, pameran souvenir, ajang berkumpul, dan tempat untuk menemukan berbagai sovenir serba Indonesia. Biaya masuknya gratis dan dibuka untuk umum. Yuk, Ladies ramaikan Festival Jakarta Kreatif 2016.

(vem/zzu/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading