Sukses

Lifestyle

CNN International Ungkap Keindahan Indonesia Dalam Program 'On The Road'

Saluran CNN International (Indovision ch. 333 dan Transvision ch. 600/ch. 900) akan mengangkat keindahan dan keunikan Indonesia untuk dinikmati penontonnya di seluruh dunia dalam program: ‘On The Road’.

‘On The Road’ adalah tayangan spesial di CNN International tentang keunikan negara-negara di dunia yang menjelajahi budaya, kearifan lokal, dan kebiasaan penduduknya - mulai dari budaya populer, kuliner, desain, inovasi dan teknologi. Beberapa negara seperti Azerbaijan, Ghana, Polandia, Thailand, Korea Selatan dan Singapura telah ditampilkan dalam program ini dan minggu depan, CNN ‘On The Road’  akan mengangkat Indonesia.

Indonesia dipilih karena merupakan salah satu tempat paling beragam di planet bumi – negara kepulauan dengan 17.000 pulau yang terbentang sepanjang 5.000 km dari timur ke barat – serta rumah bagi sekitar 250 juta penduduk. Walau negara ini dikenal dengan ibu kotanya: Jakarta, serta pulau Bali yang indah, masih ada banyak hal yang belum banyak dikenal dunia tentang Indonesia.

Foto: copyright CNN

Dipandu oleh koresponden CNN International Paula Newton, penonton akan diajak menjelajahi tempat-tempat yang unik di Indonesia, mulai dari yang mistis hingga eksotis, serta bertemu orang-orang yang memberikan peran dan warna penting bagi negara yang dinamis ini.  

Lima episode yang akan dihadirkan ‘On The Road’ tentang Indonesia adalah:

Beyond The Beach - Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia, namun di Bali, mayoritas penduduknya beragama Hindu. Spiritualitas dan ajaran Hindu berpengaruh besar dalam semua aspek kehidupan di Pulau Dewata ini, termasuk tradisi menanam padi yang dikenal sebagai Subak. CNN ‘On The Road’ akan menelusuri persawahan padi di Jatiluwih dimana para petani menggunakan teknik alam dan spiritual Subak yang telah hidup selama 11 abad dan dinobatkan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.  

Balinese Spirituality - Air adalah inti dari spiritualitas para penduduk Bali. CNN mengunjungi Pura Ulun Danu Bratan, rumah ibadah yang mengapung di pinggir Danau Bratan, dan akan mengamati bagaimana air suci digunakan dalam berbagai unsur kehidupan dan tradisi di Bali. Lalu, CNN ‘On The Road’ akan menuju ke Tirta Empul yang terkenal dengan air suci yang dipercaya bisa membersihkan diri dari roh jahat bahkan memberikan imortalitas.

Foto: copyright CNN

Uncharted Territory - CNN menjelajahi Pulau Sulawesi hingga ke dataran tinggi Toraja yang memiliki pemandangan luar biasa indah. Di sana CNN ‘On The Road’ menyoroti ritual-ritual unik penduduk Toraja baik dalam kehidupan dan kematian. Upacara pemakaman yang berlangsung selama seminggu dan melibatkan semua penduduk desa – merupakan perayaan yang mengantar sang arwah untuk hidup di dunia lain, momen bukan untuk berduka, namun memperkuat hubungan keluarga dan persatuan antar warga.

Welcome to the Gili Islands - Kepulauan Gili adalah surga dunia di sekelompok pulauan kecil yang dapat dijangkau melalui kapal dari Pulau Bali dan sangat dekat dari Pulau Lombok. Di sana, tidak ditemukan segala hal yang dioperasikan mesin dan tidak ada satupun polisi yang bertugas. CNN ‘On The Road’ akan menelusuri pulau-pulau di Gili dan bagaimana penduduk lokal membangun pariwisata berkelanjutan yang selaras dengan gaya hidup penduduk asli.

 Foto: copyright CNN

Healing The Waters - CNN ‘On The Road’ akan membawa penonton ke laut indah dan jernih bak kristal bersama Gili Eco Trust, sambil menelusuri bagaimana inisiatif yang dibuat para penduduk lokal ini melindungi terumbu karang dari degradasi dan penangkapan ikan yang berlebihan. Setelah itu, bersama dengan seniman terkenal Indonesia: Teguh Ostenrik, CNN ‘On The Road’ akan menjelajahi ARTificial Reef Park – serangkaian patung yang ditenggelamkan untuk diijadikan tempat tumbuhnya kerang artifisial yang memiliki daya ungkit bagi perekonomian dan pariwisata lokal.

‘On The Road’ tentang Indonesia tayang di saluran CNN International (Indovision ch. 333 dan Transvision ch. 600/ch. 900) sebanyak 5 episode berturut-turut mulai 9 hingga 13 November sebagai bagian dari program CNN Today pkl 07:00 WIB dan News Stream pkl 20:00 di CNN International serta 1 episode spesial “On The Road: Indonesia’ berdurasi 30 menit yang akan ditayangkan dan dapat disaksikan secara internasional pada tanggal 13-18 November:

    Jum’at, 13 November  pkl 17:30 WIB dan 23:30
    Sabtu, 14 November pkl 21:30 WIB
    Minggi, 15 November pkl 08:30 WIB
    Senin, 16 November pkl 11:30 WIB
    Selasa, 17 November pkl 17:30 WIB
    Rabu, 18 November pkl 12:30 dan 16:30 WIB

Informasi lebih lanjut tentang ‘On The Road’ klik: http://edition.cnn.com/specials/world/on-the-road 

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading