Sukses

Lifestyle

Idul Adha 1436 H, Dompet Dhuafa Bagikan 22.000 Hewan Kurban

Idul Adha 1436 Hijriah tinggal beberapa hari lagi. Melihat kondisi perekonomian yang sedang tidak baik, maka lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa menargetkan untuk menyebar 22.000 hewan kurban ke berbagai pelosok negeri pada Idul Adha tahun ini.

Selain dalam negeri, sebagian hewan kurban akan didistribusikan pula ke beberapa negara. Aktivitas penyebaran hewan kurban tersebut melalui program Tebar Hewan Kurban (THK). Program ini berjalan sejak tahun 1994 dan tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-23.

"THK menjadi puncak panen para peternak lokal mitra pemberdayaan Dompet Dhuafa. Karena pasokan ternak program THK berasal dari 49 mitra pemberdayaan Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia," ucap Yuli Pujihardi sebagai Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa di kawasan Jakarta.

Melalui program THK, lanjutnya, daging kurban dapat terdistribusi setidaknya ke 17 provinsi di seluruh Indonesia, di 182 kabupaten, 469 kecamatan, dan 1.166 desa kepada masyarakat yang kurang beruntung. Sebagaimana salah satu gagasan program di awal bergulir, tujuan dari program ini adalah agar daging kurban tidak menumpuk di kota-kota besar.

"Daerah-daerah yang menerima penyaluran hewan kurban THK mayoritas diterima masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok Nusantara, rawan gizi, terbelakang, miskin, daerah yang terkena bencana dan kerusuhan, wilayah berbatasan dengan negara tetangga, kawasan dalam pegunungan, pesisir pantai, hingga pulau terluar dalam negeri ini," terang Yuli.

Daerah-daerah di Nusantara yang menjadi wilayah distribusi THK antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa  Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku,  dan NTT.

Sedangkan untuk luar negeri, tahun ini Dompet Dhuafa menyalurkan hewan kurban ke Mindanau, Filipina dan Gaza, Palestina. Yuli menjelaskan, jenis hewan yang akan didistribusikan ke Gaza adalah unta.

"Untuk di dalam negeri kita juga mendistribusikan ke Tolikara, Papua dan Langsa, Aceh untuk para pengungsi Rohingya," jelasnya.

Kita doakan semoga program ini berjalan lancar, ya Ladies.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading