Sukses

Parenting

Bersama Wujudkan Senyum Anak Indonesia di Hari Anak Nasional

Menyambut Hari Anak Nasional, KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengekspresikan sikap kasih sayang pada anak-anak. Hari Anak Nasional sendiri selalu diadakan pada tanggal 23 Juli.

Ketua KPAI, Asrorun Niam Sholeh, mengungkapkan harapan agar moment Hari Anak Nasional menjadi pengingat kita agar tidak ada lagi anak-anak Indonesia yang tidak ceria. Dengan menyapa, menghibur dan memeluk serta belai dengan cinta kasih dapat hadirkan optimisme dan rasa bahagia bagi anak-anak.

"Pastikan kita hadir untuk memberi perlindungan pada anak-anak, teladankan kebaikan dan kelemah lembutan, agar mereka memiliki optimisme dalam menatap masa depan," kata Asrorun di kantor KPAI kawasan Jakarta Kamis 23 Juli 2015.

Foto: dok. Vemale.com

Menurutnya, masih tinggi kasus kekerasan terhadap anak dan semakin kompleks, sehingga membutuhkan penanganan secara serius dengan melibatkan seluruh pihak. Tren pengaduan kasus anak yang dilaporkan ke KPAI dari tahun ke tahun terus meningkat, baik jumlah maupun jenis pengaduannya. Ini menunjukkan belum optimalnya negara hadir menjamin perlindungan anak.

"Negara perlu hadir total untuk lebih memperhatikan perlindungan anak. Penegakan hukum harus tegas untuk mencegah terjadinya kasus yang berulang. Dengan jumlah anak yang mencapai sepertiga penduduk, pemihakan negara harus jelas terhadap anak-anak Indonesia," ujarnya.

Dari sembilan klaster pengaduan KPAI, anak berhadapan dengan hukum (ABH) menempati posisi tertinggi. Hingga April 2015, ada 6.006 kasus ABH, yang diikuti dengan kasus pengasuhan mencapai 3.160 kasus, pendidikan mencapai 1.764 kasus, kesehatan dan NAPZA 1.366 kasus dan cybercrime/pornografi mencapai 1.032 kasus.

"Kasus pengasuhan menjadi masalah serius seiring dengan meningkatnya konflik rumah tangga yang berujung pada perceraian dan rebutan kuasa asuh. Akibatnya anak menjadi korban, baik rebutan kuasa asuh, penelantaran, hingga kekerasan," tegasnya.

Yuk Ladies, bersama wujudkan Indonesia ramah anak!

(vem/yun/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading