Sukses

Lifestyle

Inspirasi Dari Musik, Andra Semesta Adakan Pameran Visualisasi Musik Semesta Mandala

Bagi Anda yang mencintai seni, Anda pasti tahu bahwa menciptakan suatu karya pasti membutuhkan inspirasi. Inpirasi dan seni adalah dua hal yang saling bertautan. Inspirasi bisa datang dari berbagai hal, dan yang paling mengasyikkan melalui alunan musik.

Dari alunan musik bisa menghasilkan banyak karya, salah satunya adalah bisa menghasilkan suatu lukisan yang indah. Hal tersebut dialami oleh lelaki lulusan Wimbledon College of The Arts London-Inggris, Andra Semesta. Dari inspirasinya itulah ia bisa menghasilkan kurang lebih 40 lukisan, yang kemudian dapat Anda lihat di pamerannya yang bertajuk 'Visualisasi Musik Andra Semesta: Mandala' yang berlangsung dari tanggal 22 Mei hingga 29 Mei 2015 di Galeri Cipta II Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta Pusat.

Tujuan diadakannya pameran ini adalah untuk memperkenalkan pada masyarakat luas tentang seni visualisasi musik. Andra mengaku bahwa ia menampilkan karyanya yang cukup berbeda dari yang lainnya. Pria berkacamata ini melukiskan berbagai macam album musik menggunakan subconcious-nya, dengan kanvas yang didominasi bentuk bulat.

Karya Andra yang dipamerkan/ Copyright by Vemale.com

Dan alasannya memilih kanvas bulat karena dapat membuat dirinya lebih mudah dalam berekspresi. Selain itu pula, bentuk bulat juga menjadikan lukisannya lebih natural, apalagi dilakukan sambil mendengarkan musik, sehingga menjadi lebih efektif.

"Proyek ini sebetulnya sudah berjalan dari tahun 2010, selama 5 tahun. Saya menvisualisasikan musik, biasanya saya mendengarkan satu album dan melukiskan apa yang saya rasakan, saya dengar dari album itu," kata Andra saat ditemui pada pembukaan pameran belum lama ini.

Andra mengekspresikan yang ia rasakan di atas kanvas melalui warna dan komposisi yang akhirnya juga mengilustrasikan bentuk dari musik tersebut. Ia juga mengilustrasikan refleksi hati dan pikirannya saat mendengarkan musik.

Pria kelahiran 28 April 1991 ini merasa lukisan-lukisan yang dikurasi oleh Chandra Johan ini, terinspirasi saat dirinya mendengarkan album-album musisi terkenal, seperti Bob Dylan, Bright Eyes, Animal Collective hingga musisi lokal seperti The Upstairs, Naif, Zoo dan Matajiwa.

"Saya ingin sekali orang melihatnya dari dua sisi, yakni lukisan dan musik. Menurut saya di dalam lukisan ini ada sesuatu yang bisa bikin orang ngerasain sesuatu atau refleksiin perasaan mereka masing-masing. Saya berharap dapat ikut menggerakkan sesuatu pada diri mereka," terang Andra yang suka dan juga bisa bermain musik.

Musik memang bahasa universal yang bisa dinikmati setiap orang. Mencari inspirasi bisa juga melalui lagu seperti Andra Semesta. Temukan inspirasi Anda dari musik juga ya.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading