Sukses

Lifestyle

Pecinta Cokelat Wajib Datang ke Malang Chocolate Festival

Coklat telah menjadi salah satu makanan ringan paling digemari masyarakat di dunia dan dapat dinikmati oleh semua kalangan usia, mulai anak hingga dewasa. Berbagai manfaat dapat diperoleh dari mengkonsumsi olahan buah kakao ini. Olahan coklat menjadi peluang bisnis kuliner yang menjanjikan, mengingat Kota Malang dikenal dengan kota dengan berjuta wisata kuliner. Tren makanan dan minuman coklat juga semakin berkembang di kota Malang. Tak heran jika bisnis kuliner dengan menggunakan bahan dasar coklat banyak ditemui di Cafe hingga outlet-outlet yang tersebar di pinggir jalan.

Dilansir di website Dinas Perkebunan Jawa timur, kakao sebagai bahan dasar coklat, merupakan salah satu komoditi unggulan Provinsi Jatim. Malang bersama Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Banyuwangi, dan Lumajang berada pada zona pantai selatan yang memiliki komoditi unggulan seperti kopi, kelapa, tebu, cengkeh, nilam, dan kakao. Kakao merupakan komoditi yang strategis di zona pantai selatan ini, Komoditi kakao dikembangkan pada Perkebunan Rakyat (PR), Perkebunan Besar Negara (PTPN) dan Perkebunan Besar Swasta (PBS). Areal kakao di Jawa Timur pada tahun 2012 seluas 63.040 Ha terbagi atas 32.010 Ha Perkebunan Rakyat, 26.487 Ha PTPN, dan 4.543 Ha PBS.

Foto: copyright malang chocolate festival

Sentra pertanaman kakao pada Perkebunan Rakyat di Jawa Timur seluas 32.010 Ha terbagi atas Kabupaten Madiun 4.784 Ha, Pacitan 4.192 Ha, Trenggalek 3.975 Ha, Blitar 3.537 Ha, serta 18 kabupaten lain di Jawa Timur seperti Ponorogo, Malang dan lain-lain. Produksi kakao pada Perkebunan Rakyat sebesar 14.730 Ton, dengan produktivitas rata-rata 913 kg/ha/tahun biji kering.

Melihat peluang bisnis yang sangat besar dari olahan buah kakao di Indonesia, khususnya di Malang, Bikinacara EO mengadakan event bertajuk pesta coklat - Malang Chocolate Festival sebagai wadah bagi produsen dan pebisnis olahan coklat, sekaligus mengenalkan variasi olahannya kepada masyarakat luas. Malang Chocolate Festival merupakan pergelaran event bertajuk coklat yang pertama di Malang raya, bahkan dalam tataran Provinsi Jawa Timur. Event ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu (16/05) di Taman Krida Budaya, Jl. Soekarno Hatta Malang. 

Acara dimulai pukul 10.00 WIB—22.00 WIB, dengan mengundang lebih dari 40 booth pengusaha serba olahan coklat untuk berpartisipasi, penampilan band Indie, open kitchen dari chef coklat ternama, dan penampilan spesial bintang tamu (Christabel Annora dan Pitskankin) di puncak acara pada malam harinya. Berbagai fakta unik mengenai coklat dan dekorasi cantik serba coklat akan menyambut ribuan para pecintanya berpesta coklat bersama!

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading