Sukses

Lifestyle

Peluncuran Buku dan Komik Cerita Rakyat Pertama dari Sorong, Papua

Cerita rakyat merupakan sebuah kekuatan budaya dari masyarakat lokal yang sudah dilakukan secara turun temurun. Maka dari itu perlu dilestarikan agar tidak punah begitu saja. Selain itu, cerita rakyat menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keberadaan sebuah daerah.

Setiap daerah di Indonesia memiliki cerita lokalnya sendiri, termasuk cerita rakyat lokal dari kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat. Selama ini, cerita tersebut hanya diwariskan turun-temurun secara lisan. Namun pada kesempatan kali ini, para pendidik Sekolah Dasar yang merupakan mahasiswa lulusan dari Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) S-1, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Pendidikan dan Bahasa (FPB), Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya menuliskannya dalam bentuk cerita, kemudian oleh tim dosen dibuatkan gambar dan komik, lalu dibukukan.

"Kami sangat senang dan bangga dengan Unika Atma Jaya, karena awalnya kami hanya mengerjakan tugas tetapi oleh tim dosen dibuat menjadi buku. Harapannya, buku ini bisa menjadi bagian dari kurikulum bagi pembelajaran muatan lokal di Sorong Selatan. Sehingga, seluruh guru bisa menggunakan buku ini untuk proses belajar mengajar," papar Melkior Krimadi sebagai mahasiswa lulusan terbaik dari PJJ Sorong Selatan di Universitas Atmajaya, Jakarta Pusat, Selasa 28 April 2015.

Foto: dok. Vemale

Buku cerita rakyat tersebut dirancang dengan mengumpulkan informasi secara lisan dari tetua kampung atau kepala adat. Kemudian, oleh tim dosen dikembangkan menjadi buku cerita rakyat, dalam bentuk cerita bergambar dan komik agar dapat membantu siswa kelas rendah belajar membaca.

Menurut Prof. Dr. Ir. M.M. Lanny W. Pandjaitan, M.T., Rektor Unika Atma Jaya, buku ini muncul karena bentuk keprihatinan dari tim dosen, ketika peserta didik di Sorong Selatan belum mempunyai buku yang layak untuk memahami khasanah budaya setempat. Maka secara khusus, tim dosen merancang proyek melalui mata kuliah Pembelajaran Sastra di SD.

"Para mahasiswa diajak membuat buku cerita rakyat Sorong Selatan, yang selama ini hanya berkembang secara lisan. Semoga buku bisa digunakan sebagai bahan bacaan yang membantu peserta didik mengembangkan kecintaan terhadap membaca dan belajar membaca menggunakan skema cerita daerah setempat," terangnya.

"Kami berharap buku cerita rakyat yang kami persembahkan kepada pendidikan di tanah Indonesia Timur, khususnya Sorong Selatan dapat menjadi secercah harapan untuk membangun literasi siswa SD di Papua Barat," tambah Dr. Luciana, M. Ed., selaku Koordinator Proyek Buku Cergam dan Komik Cerita Rakyat Sorong Selatan.

Semoga keberadaan buku ini bisa melestarikan budaya warisan leluhur sekaligus menumbuhkan semangat anak-anak di Sorong, Papua untuk semakin gemar membaca.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading