Sukses

Lifestyle

Grup Lippo Meluncurkan E-Commerce Raksasa: MatahariMall.com

Grup  Lippo  (“Lippo”)  hari  ini  mengumumkan  peluncuran  bisnis  eCommerce  MatahariMall.com (“MatahariMall”), memperkuat posisinya sebagai grup ritel multi-format terbesar di Indonesia.

Lippo  telah  mengalokasikan  dana  investasi  US$500  juta  untuk  2-3  tahun  kedepan  untuk  menciptakan perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia dengan omset US$1 miliar,  yang akan menjadi Alibaba versi Indonesia.

MatahariMall.com  akan  membawa  divisi  ritel  konsumen  Grup  Lippo  mencapai  US$25  miliar  dalam  5 tahun kedepan, dimana 20% merupakan kontribusi ritel online. MatahariMall  akan  menyediakan  harga  termurah,  hadiah-hadiah  terbaik,  dan  pilihan  produk  terluas,termasuk  fashion,  kecantikan,  elektronik,  rumah,  makanan,  buku,  hiburan,  otomotif  dan  masih  banyak lagi.

Selain menyediakan pilihan produk yang terluas, MatahariMall juga ditunjuk sebagai situs online eksklusif untuk berbagai merek paling  populer di Indonesia.  MatahariMall juga merupakan eCommerce pertama dan  satu-satunya  yang  menawarkan  layanan  O2O  (Online-to-Offline),  yang  memungkinkan  para pelanggan untuk membayar, mengambil dan mengembalikan produk di 131 cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.

Bapak  John  Riady,  perwakilan  Grup  Lippo,  menyatakan:  “Nilai  bisnis  perdagangan  retail  online  ak an mencapai US$ 100 miliar. MatahariMall akan menjadi situs eCommerce #1 di Indonesia. Tidak ada yang menyamainya  di  Asia  Tenggara.  Visi  kami  adalah  untuk  membangun  ekosistem  yang  kuat,  yang memampukan penjual dan pembeli untuk melakukan bisnis kapan saja dan di mana saja.”

CEO  Matahari  Department  Store,  Bapak  Michael  Remsen,  berkomentar:  “Bisnis  ritel  online  Indonesia akan  tumbul  10  kali  lipat  dalam  5  tahun  ke  depan.  Bersama  dengan  MatahariMall,  kami  sepenuhnya komit untuk masa depan eCommerce. Semua pemasok dan mitra kami mendukung 100%.”

Matahari  Department  Store,  anak  perusahaan  Grup  Lippo,  adalah  pusat  perbelanjaan  terbesar  di Indonesia.  

Bapak  Rudiantara,  Menteri  Informasi  dan  Komunikasi  Indonesia,  berkomentar:  “eCommerce  adalah masa  depan  industri  ritel.  Kami  sangat  antusias  dan  mendukung  sepenuhnya  usaha  Lippo  memimpin langkah  berani  ini  ke  dalam  bisnis  eCommerce.  Semoga  sukses  dan  membawa  keuntungan  bagi negara.”

Foto: copyrright MatahariMall.com

Lippo  terbukti  memiliki  track  record  yang  solid  dalam  membangun  perusahaan-perusahaan  yang terdepan dan inovatif: Matahari di sektor pusat perbelanjaan, Hypermart dalam sektor ritel makanan; First Media  di  sektor  multimedia  dan  internet  kabel,  Siloam  dalam  pelayanan  kesehatan,  Bolt!  di  bidang telekomunikasi 4G, BigTV di TV-berbayar, dan 60 mal Lippo di seluruh pelosok Indonesia.

Lippo  memiliki  skala,  jangkauan,  pengetahuan  dan  budaya  inovasi  untuk  mendominasi  sektor eCommerce. Matahari Mall dipimpin oleh sekelompok industry expert eCommerce berpengalaman.

Bapak  Ilham  Habibie,  Ketua  Dewan  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  (TIK)  Nasional,  menyatakan: “Revolusi digital akan mengubah dunia. Lihat Amazon di America Serikat dan Alibaba di Tiongkok. Saya sangat  antusias  melihat  Lippo  masuk  ke  arena  ini  secara  besar-besaran.  Mereka  memiliki  komitmen terhadap teknologi dan inovasi, yang merupakan peluang terbesar di Indonesia saat ini.”

Bapak  Jan  Metzger,  Managing  Director  Credit  Suisse  untuk  bidang  Teknologi,  Media  dan Telekomunikasi, juga sangat optimis akan perkembangan eCommerce dan peluang Lippo untuk menjadi pemain yang utama.

Sebagai  grup  ritel  terbesar  di  Indonesia,  Lippo  sudah  seharusnya  menjadi  yang  #1  dalam  bisnis eCommerce.  Divisi  ritel  Grup  Lippo  memiliki  pendapatan  tahunan  lebih  dari  Rp.  60  Triliun  dan  secara konsisten bertumbuh lebih dari 20% per tahun.

Credit  Suisse,  investment  bank  terkemuka,  memuji  Matahari  Department  Store  sebagai  “Department Store Nomor Satu” dan “Pilihan kami yang utama dalam bisnis ritel.”

Hypermart, perusahaan ritel makanan terbesar di Indonesia,  yang juga berada dibawah  naungan Grup Lippo,  mencatat  salah  satu  pertumbuhan  tercepat  di  Asia,  dengan  pangsa  pasar  yang  terus  melonjak menjadi 40% pada tahun 2014 dari 24% pada tahun 2007.

Grup  Lippo  memasuki  eCommerce  pada  waktu  yang  tepat.  Situs  MatahariMall.com  akan  diluncurkan bulan  Maret  2015.  Ekosistem  digital  di  Indonesia  baru  saja  melewati  titik  critical  mass.  Tahun  ini, penetrasi internet akan melebihi 30%. Ritel online baru 0,7% dari total penjualan ritel, namun diperkirakan akan tumbuh sepuluh kali lipat dalam lima tahun ke depan.

Pertumbuhan ritel online paling cepat terjadi di daerah luar Jakarta, yang juga merupakan daerah dimana bisnis Lippo sangat mendominasi pasar.

“Indonesia  adalah  negara  terakhir  di  Asia,  dengan  pangsa  pasar  yang  bes ar,  dimana  penetrasi eCommerce masih sangat rendah. MatahariMall adalah peluang online retail terbesar di Asia”, ujar John Riady.

MatahariMall.com  dengan  semua  kelebihannya,  dukungan  Grup  Lippo,  dan  waktu  yang  tepat,  niscaya akan menjadi perusahaan eCommerce #1 – Alibaba versi Indonesia.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading