Sukses

Lifestyle

Hair for Love, Bantu Penderita Kanker dengan Rambut Anda

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit kanker pun sering jadi monster yang menakutkan bagi banyak orang. Sampai saat ini angka kematian di seluruh dunia akibat kanker meningkat. Tak hanya orang dewasa, kanker pun dapat menyerang anak-anak.

Menurut data statistik resmi dari IARC (International Agency for Research on Cancer), 1 dari 600 anak bisa menderita kanker sebelum umur 16 tahun. Setiap tahunnya diperkirakan ada 4.100 kasus baru kanker pada anak-anak di Indonesia. Sayangnya, hingga sekarang, tidak ada yang tahu penyebab utama munculnya penyakit kanker.

Selain kebulatan tekad dan motivasi hidup yang tinggi, penderita kanker juga perlu melakukan pengobatan untuk bisa sembuh total. Salah satu proses pengobatan kanker yang paling efektif sekarang ini adalah kemoterapi, sebuah proses menonaktifkan sel kanker yang bersarang di dalam tubuh. Hanya saja dampak dari pengobatan melalui kemoterapi ini adalah rontoknya rambut dalam jumlah banyak dan berakhir dengan kebotakan.

"Kehilangan rambut bisa mengubah cara orang menerima dirinya dan bahkan membuat mereka merasa bertambah sakit. Dampak psikologis inilah yang sangat berbahaya. Trauma dan depresi menekan penderita kanker untuk menyerah, mereka kehilangan semangat berjuang yang sangat diperlukan untuk menang melawan penyakit ini," papar Engeline Tjia selaku penggagas gerakan Hair For Love saat konferensi pers di Lotte Shopping Avenue Kuningan Jakarta Selatan Kamis 22 Januari 2015.


Dengan semangat meringankan beban anak-anak penderita kanker, maka dibentuklah Hair for Love. Hair for Love adalah aksi solidaritas dari para relawan yang bersedia memberikan rambutnya untuk anak-anak penderita kanker. Rambut para relawan ini akan diubah menjadi wig yang bisa digunakan oleh penderita kanker atau bisa dijual secara komersial. Uangnya kemudian akan didonasikan untuk membantu pengobatan anak-anak penderita kanker.

Foto: dok. Vemale

"Kami mengajak kita semua bisa berpartisipasi menjadi saluran kasih Tuhan kepada sesama yang membutuhkan," ujarnya.

Gerakan potong rambut bersama ini akan dilaksanakan pada Minggu 15 Februari 2015 di Main Atrium GF Lotte Shopping Avenue. Dimulai pukul 10.00 - 19.00 WIB. Para relawan akan dibantu oleh para hair stylist profesional dari Martha Tilaar Group.

Para relawan yang ingin ikut membantu juga bisa segera mendaftar. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 24 Januari - 15 Februari 2015 di Customer Service gerai Lotte Mart (Kelapa Gading, Gandaria City, Fatmawati, Bintaro, Kuningan City, Ratu Plaza, Bekasi Junction, Taman Surya, Cimone), Booth Lotte Members (GF Main Atrium LSA), Gerai Lotteria (LSA), Gerai Martha Tilaar (Kota Kasablanka, Kelapa Gading, LSA, Taman Anggrek, PIM, Grand Indonesia, Pluit Village) dan area informasi Lotte Shopping Avenue.

Gerakan Hair For Love ini juga mengajak semua orang untuk bisa berpartisipasi. Selain menyumbang rambut pada acara 15 Februari, Anda juga bisa menyalurkan donasi Anda di setiap kasir gerai Lotte Mart. Seluruh dana yang terkumpul akan diteruskan kepada YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia).

Ladies, yuk kita bantu meringankan beban orang lain. Setiap kebaikan yang kita berikan pastinya nanti akan memberi dampak positif bagi orang yang kita bantu dan juga diri kita sendiri.



(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading