Sukses

Lifestyle

Wow, 1200 Peserta Turut Meriahkan Indonesia Menari 2014

Saat ini lebih banyak jiwa muda yang lebih bangga dengan budaya asing yang masuk sehingga lupa dengan budaya sendiri. Bahkan, mereka lebih menguasai budaya asing daripada kekayaan Indonesia seperti dance. Karena itu, Galeri Indonesia Kaya persembahkan Bakti Budaya Djarum Foundation yang didukung penuh oleh Grand Indonesia kembali menggelar Indonesia Menari 2014 hari ini yang diselenggarakan di Grand Indonesia Shopping Town.

Kegiatan ini dilangsungkan dengan bentuk tarian massal dengan koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi 4 menit. Berbagai komunitas turut berpartisipasi dalam Indonesia Menari 2014, seperti Abang None Jakarta, komunitas anak muda, sanggar-sanggar tari dan komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas di Jakarta dengan total 1.200 peserta yang terdiri dari 76 grup dan 207 individu.

Sebanyak 1.200 peserta turut memeriahkan Indonesia Menari 2014 | copyright vemale.com

“Ada begitu banyak ragam tarian di Indonesia dengan kekhasan masing-masing, dan Indonesia Menari kembali diselenggarakan untuk mengangkat budaya tradisional ini dan mengemasnya secara kekinian agar semakin banyak masyarakat, khususnya generasi muda. Kami melihat Indonesia Menari adalah kegiatan positif yang perlu dijalankan secara konsisten setiap tahunnya serta mengajak berbagai jenis elemen masyarakat untuk bergabung dan menari sebagai bentuk nyata kepedulian pada budaya Indonesia khususnya tarian,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Untuk konsep tarian Indonesia Menari 2014, Galeri Indonesia Kaya menggandeng Eko Supriyanto, koreografer professional yang telah menciptakan banyak karya. Nama Eko Supriyanto mulai terkenal sejak menjadi penari untuk Madonna di tur Amerika dan Eropanya. Ia adalah konsultan tari Lion King yang dipentaskan di Broadway, serta penari dan koreografer untuk Petter Sellars and John Adam’s Opera ‘Flowering Tree’.

Galeri Indonesia Kaya pecahkan rekor MURI untuk Parade Tari Nusantara di dalam Mall Dengan Penari Terbanyak | copyright vemale.com

Eko Supriyanto menjelaskan bahwa “Tarian tradisional tidak hanya tentang teknik, tapi juga ada kultur dan budaya yang terkandung di dalamnya. Setiap manusia juga dianugerahi ritme, tempo, dan dinamika sendiri sehingga saya yakin setiap orang pasti bisa menari. Inisiatif Bakti Budaya Djarum Foundation dan Galeri Indonesia Kaya untuk memperkenalkan tarian daerah melalui Indonesia Menari ini juga patut diapresiasi karena Indonesia Menari membawa atmosfer baru yang mengajak generasi muda untuk mengenal budaya tarian Indonesia dengan kemasan yang lebih modern.

Kegiatan Indonesia Menari 2014 dimulai serentak pada pukul 13.00 WIB di 5 titik di Grand Indonesia Shopping Town, antara lain Ground Floor, lantai 1, lantai 2, Area Fountain Atrium di lantai 3A, dan di depan Galeri Indonesia Kaya lantai 8.

Berikut adalah daftar nama pemenang Indonesia Menari 2014 dan masing-masing mendapatkan Samsung Galaxy Tab 4, antara lain:

  • Bella, no urut 32
  • Rizki, nomor urut 153
  • Kris, nomor urut 90
  • Novita, nomor urut 125
  • Gutie, nomor urut 74


Sedangkan untuk kategori kelompok, dimenangkan oleh:

  1. Juara 1 : Sanggar A Savitri
  2. Juara 2 : Sanggar Mawar Budaya
  3. Juara 3 : 11 Miah 5
  4. Kelompok Ter-Indonesia : CIOFF
  5. Kelompok Favorit : Rentak Harmoni

Semoga dengan terselenggaranya acara ini membuat kita semua sadar betapa pentingnya menjaga ragam budaya Indonesia, termasuk tari tradisional agar tidak terkikis dengan budaya modern yang masuk.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading