Sukses

Lifestyle

PENDOPO Sambut Hari Batik Nasional Melalui 'I Love Batik Indonesia'

Sebagai pembeda dengan bangsa lain, batik merupakan warisan budaya dan karya asli bangsa Indonesia yang telah menjadi salah satu identitas Indonesia di mata internasional. Bahkan, UNESCO telah mencatat batik Indonesia ke dalam “Warisan Kemanusiaan dan Budaya Lisan dan Nonbenda (Materpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Putri Indonesia 2014, Elvira Devinamira, turut memeriahkan acara | copyright vemale.com

PENDOPO sebagai rumah batik dan kerajinan Indonesia, sejak dibuka tahun 2011 telah berkomitmen untuk turut berperan aktif secara konsisten hanya menjual batik cap, batik tulis, maupun kombinasi keduanya, yang merupakan karya asli para perajin tradisional. Menyambut Hari Batik Nasional kali ini, PENDOPO turut serta memperingatinya dengan mengangkat koleksi busana batik bertema "Eksotisme Pesisir". Batik yang sarat dengan teknik, simbol, dan budaya hadir dalam nuansa pesisir yang lebih kaya warna dan motif, menjadi koleksi yang diangkat PENDOPO kali ini.

Pada kesempatan ini pula, PENDOPO memperkenalkan koleksi terbarunya Batik Betawi yang ternyata sudah ada sejak jaman Belanda. Pada saat itu kawasan Pal Merah, Senayan, Tanah Abang dan daerah pinggir ibu kota bernama Terogong menjadi sentra Batik Betawi. Untuk menghidupkan kembali Batik Betawi yang unik ini, PENDOPO menghadirkan koleksi dari Batik Terogong yang mengangkat motif ciri khas yang ada di masyarakat Batawi ataupun lambang-lambang yang menggambarkan Jakarta sebagai Ibu Kota seperti onedel-ondel, penari Ngarojeng, Tanjidor, Monas dan patung Pancoran. Ada juga motif flora yang sudah langka ditemui di Jakarta seperti tapak liman, mengkudu, dan ceremai.

Memeriahkan Hari Batik Nasional, PENDOPO juga mengadakan serangkaian kegiatan bertema “I Love Batik Indonesia” seperti mencanting Batik raksasa dalam perayaan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober dan diikuti pula oleh Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira. Tak ketinggalan, berbagai kegiatan sarat budaya lainnya seperti talkshow Batik Betawi, fashion show, batik fun bike, lomba mewarnai pola batik anak, lomba tari daerah.

Selain itu, Bazaar & Exhibition Batik Designer yang menawarkan penghematan hingga 50% dari berbagai koleksi desainer batik Indonesia seperti Alleira, Batik Muda, Danar Hadi, Batik Harni, Aksen Tropis, Batik Farhan, Batik Fadly’s, Batik Terogong, dan aksesoris pelengkap tas dan sepatu etnik dari D’Arcadia maupun Cameo.

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading