Sukses

Lifestyle

Peringatan Hari Batik Nasional 2014 Yang Bertemakan 'Sogan, Seni Batik Klasik'

Sudah seperti agenda tahunan, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian RI bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI) menyelenggarakan pameran yang berisi para perajin batik binaan YBI. Pameran Batik ini dimaksudkan sebagai wahana untuk menampilkan dan mempromosikan hasil karya batik yang difasilitasi oleh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian RI dan YBI untuk ikut mendorong peningkatan pendapatan dan kreativitas para perajin batik.

Pameran Batik Nasional 2014 | copyright vemale.com

Pameran ini juga berkaitan dengan usaha Yayasan Batik Indonesia dan Pemerintah Indonesia untuk tetap terus melestarikan dan mengembangkan batik Indonesia agar tetap eksis sehingga pengakuan UNESCO terhadap Batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda pada tanggal 30 September 2009 akan terus dapat dipertahankan. Begitu juga dengan pameran batik yang diselenggarakan pada tanggal 30 September 2014 - 3 Oktober 2014 di Plaza Pameran Perindustrian ini merupakan rangkaian acara Peringatan Hari Batik Nasional yang akan diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2014 yang akan dihadiri oleh Ibu Negara Republik Indonesia, Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono.

Tema acara Peringatan Hari Batik Nasional 2014 ini adalah "Sogan, Seni Batik Klasik". Batik Sogan adalah salah satu jenis batik di Indonesia yang bernuansa klasik dengan warna dominan variasi dari warna coklat. Dinamakan batik sogan karena pada awal mulanya, proses pewarnaan batik ini menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga. Batik Sogan adalah jenis batik yang identik dengan daerah keraton Jawa, motifnya pun biasanya mengikuti pakem motif-motif klasik keraton. Batik sogan yang klasik ini memang selalu banyak peminatnya dan langgeng tanpa mengenal musim.

Batik sebagai Warisan Budaya yang harus dilestarikan | copyright vemale.com

Acara Peringatan Hari Batik Nasional (HBN) 2 Oktober 2014 di Kementerian Perindustrian RI yang diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia ini juga dalam rangka ulang tahun YBI yang ke 20 dan Galeri Batik yang ke 4. Dalam rangkaian acara tersebut, YBI juga akan meluncurkan majalah Batik on Fashion yang tujuannya untuk dapat ikut mendorong dalam pelestarian dan pengembangan batik khususnya bagi para generasi muda dan masyarakat pada umumnya.

Dalam kesempatan ini YBI juga akan memberikan penghargaan kepada Perajin Batik Muda Berkarya dengan kriteria penilaian tentang desain, motif/bentuk, proses, original dan penjualan/pemasaran. Selain itu, akan ada peragaan busana dari beberapa perancang busana Indonesia yang menyumbangkan karyanya untuk mempromosikan dan melestarikan batik khususnya sogan. Di antaranya: Oscar Lawalata, Barly Asmara, Era Soekamto, Didiet Maulana, Stephanus Hamy, Bi, Parang Kencana, Danar Hadi.

Nah Ladies, mari kita lestarikan budaya warisan ini dan bangga pakai batik yang membedakan kita dengan bangsa lain.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading