Sukses

Lifestyle

Komunitas B2W Indonesia Memberdayakan Lebih Banyak Peran Wanita

Cara paling mudah untuk memiliki tubuh yang sehat bisa dimulai dengan menghirup udara yang bersih. Akan tetapi, semakin banyaknya kendaraan bermotor membuat Anda kesulitan mendapatkan udara yang bersih. Oleh karena itu, komunitas Bike to Work Indonesia (B2W Indonesia) memprakarsai kampanye rutin yang sudah digalakkan sejak tahu 2011 yang lalu sebagai komitmen dan kontribusi serius guna menggalakkan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai transportasi alternatif yang ramah lingkungan.

 

Foto: copyright Vemale.com

 

Pada kesempatan kali ini, komunitas B2W Indonesia meneladani jasa kepahlawanan wanita Indonesia, RA Kartini dan pahlawan wanita Indonesia lainnya bertajuk ‘Srikandi Inspirasi Bagi Negeri’ kembali digelar yang kali ini Srikandi terpilih segera melakukan touring perjalanan bersepeda dari kota Mamuju, Sulawesi Barat menuju kota Makassar, Sulawesi Selatan mulai tanggal 21 – 30 April 2014 mendatang. B2W Indonesia menampilkan 21 Srikandi, yakni para pesepeda wanita yang sudah lolos seleksi.

Di samping itu, B2W Indonesia juga lebih banyak memberdayakan wanita dalam susunan kepanitiaan mulai dari Road Captain yaitu menggandeng mantan atlet sepeda wanita nasional dan pelatih atlet sepeda nasional, Nurhayati serta Srikandi Coordinator, Tim Advance, Tim Feeding, Tim Marshal dan Tim Medis hingga Ketua Panitia. Keterlibatan para Srikandi dalam kampanye ini dirasa sejalan dengan dengan salah satu misi yang diusung untuk memberikan wadah bagi para wanita pesepeda Indonesia untuk membuktikan peran aktif dan kemampuan mereka.

 

Foto: copyright Vemale.com

 

“Kegiatan ‘Srikandi Inspirasi Bagi Negeri yang memang ditujukan sebagai sarana untuk memberikan apresiasi kepada para wanita Indonesia, dan di tahun keempat ini kami coba arahkan agar sesuai dengan misi dengan memberdayakan lebih banyak wanita khususnya dalam tim kepanitiaan. Meskipun belum banyak wanita yang terlibat di tahun 2014 ini namun nantinya perlahan-lahan peran para wanita akan kami tonjolkan dan bisa saja dua atau tiga tahun mendatang, tim kepanitiaan ‘Srikandi Inspirasi Bagi Negeri’ akan diisi seluruhnya oleh wanita, sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan dari wanita dan untuk wanita. Kami akan terus memacu semangat para wanita pesepeda untuk mau terlibat di kegiatan ini agar tujuan tersebut cepat tercapaI," ungkap Toto Sugito, Ketua Umum B2W Indonesia.

Adanya keterlibatan wanita dalam kampanye tersebut disambut dengan baik oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar, yang senantiasa memberikan dukungannya sejak kampanye ini pertama kali digelar. “Kami hargai keseriusan komunitas B2W Indonesia untuk memberikan ruang kepada para wanita untuk berperan aktif dalam susunan kepanitiaan ‘Srikandi Inspirasi Bagi Ngeri 2014’ ini. Tentunya hal ini sekaligus membuktikan bahwa para wanita sanggup mengemban tugas dan tanggung jawab dalam kegiatan touring bersepeda yang telah menjadi agenda nasional ini. Kepercayaan ini bisa jadi akan menginspirasi pihak-pihak lainnya untuk juga memberi kesempatan kepada wanita untuk berkarya."

 

Foto: copyright Vemale.com

 

Perjalanan selama 9 hari ini melewati dua provinsi yang akan dilakukan dalam 8 etape yaitu:

  • Etape 1 Mamuju - Majene (142 km)
  • Etape 2 Majene – Pinrang (116 km)
  • Etape 3 Pinrang – Anggeraja (65 km)
  • Etape 4 Anggeraja – Rantepao/Toraja (110 km)
  • Etape 5 Rantepao/Toraja –Belopa (112 km)
  • Etape 6 Belopa – Pare-Pare (165 km)
  • Etape 7 Pare-Pare -Pangkajene (103 km), dan
  • Etape 8 Pangkajene –Makassar (50 km).

Tidak hanya kementrian saja yang memberikan dukungan terhadap kampanye bertajuk ‘Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2014' ini, melainkan juga sambutan baik dari Kedutaan Besar Norwegia dan Denmark di mana rencananya mereka akan mengirimkan perwakilannya untuk ikut bersepeda menyambut rombongan Srikandi yang tiba di kota Makassar pada tanggal 29 April 2014 mendatang.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading