Sukses

Parenting

Seni Kyaraben, Dedikasi Pristina Untuk Anak-anak

Seorang ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah, tentunya akan menemui titik jenuh dengan pekerjaan yang monoton setiap harinya. Tapi sebuah dilema bagi para ibu, apabila harus menjadi wanita karir, ditambah tidak pandai mengatur waktu, maka keluarga terutama anak bisa tidak terurus dengan baik. Untuk itulah banyak ibu yang melakukan kegiatan bisnis sampingan guna menambah aktifitas dan aktualisasi diri. Hal inilah yang dialami Pristina Charmaine Gosana, walaupun sekedar kegiatan sampingan, yang utamanya tetap menjadi ibu rumah tangga, Pristina bisa kantongi 10 juta saban bulan dari bisnis sampingannya tersebut.

Pristina membuka usaha online untuk catering service event anak-anak, dalam bentuk seni mempercantik kotak makanan dari Jepang atau disebut KYARABEN, karakter bento. Selain itu juga Pristina mengajar workshop Kyaraben untuk ibu-ibu rumah tangga, juga menyediakan toko supply and alat-alat seni Kyaraben baik online dan di rumah. Pristina mengenal seni Kyaraben sejak 2007 dan mulai mengenalkan brand Little Bento House pada 2008. saat ini Little bento House berlokasi di kediaman Pristina di Kota Wisata, Cibubur.

Kyaraben atau seni karakter bento karya Pristina

Inspirasi membuat Kyaraben ini diakui Pristina datang dari pengalaman pribadinya. Dengan keinginan Pristina untuk mengenalkan berbagai macam rasa dan makanan sehat untuk buah hatinya. “Saya mengenal seni ini dari seorang sahabat dekat yang membuatkan kyaraben untuk anaknya, dan saya coba searching melalui internet, di Jepang sendiri saat itu seni Kyaraben ini sedang booming, lalu saya mencoba membuatkan untuk anak saya, belajar secara otodidak menggunakan beberapa basic yang saya dapat dari background pendidikan perhotelan/memasak saya. Ketika dibawa anak saya ke sekolah, banyak teman-temannya dan orang tua murid yang melihat, saya diminta ikut berpartisipasi dalam bazar amal dan sejak saat itu saya mencoba mengenalkan brand saya, Little Bento House," papar ibu dari Deaqon Rischar Adifa.

Pristina terjun ke bisnis pembuatan bento ini tidak sendiri. Dibantu oleh ibundanya sebagai bagian logistik, juga 5 orang karyawan yang bertugas untuk membantu memasak, dan packaging. Pristina sendiri bertugas untuk mendesign dan pengerjaan Kyaraben. Saat ini Little Bento House belum mempunyai cabang, walaupun ada keinginan bagi Pristina, tapi sangat memerlukan perencanaan yang matang. “Untuk saat ini, kami ingin fokus dulu untuk lokasi Jakarta dan sekitarnya, mengenalkan nama brand, seni Kyaraben itu sendiri dan kesadaran akan makanan sehat yang baik untuk anak yang terkandung di dalam Kyaraben,” jelas wanita kelahiran Magelang, 7 September 1979.

Berawal dari membuatkan bekal makanan untuk sang buah hati, bisnis Pristina dimulai

Pemesan Little Bento House biasanya ibu-ibu yang memesan catering ulang tahun sebagai goodie bag untuk anak-anaknya, sedangkan konsumen yang mengonsumsi biasanya anak-anak berusia 3 sampai 4 tahun ke atas. Jika ada pelanggan ingin memesan. Pristina menyarankan, baiknya sebulan sebelumnya, untuk mendiskusikan jadwal pengantaran, design dan pengaturan dengan bagian dapur. Pristina mempromosikan bisnisnya ini melalui online di Facebook dan Twitter. Untuk harga catering Kyaraben mulai dari Rp.40.000,- per pack dengan minimal pemesanan 25 box dan untuk alat-alat Kyaraben mulai dari Rp. 20.000,- keatas, tergantung jenis alat-alatnya dan untuk workshop/pelatihan mulai dari Rp.200.000,-/peserta dengan sifat-sifat pelatihan paket.

Setiap mengikuti bazar, stand Pristina selalu ramai pengunjung, dikarenakan makanan sehat ini menarik dan menyenangkan untuk dilihat, apalagi oleh anak-anak, dengan menggunakan berbagai dekorasi seni karakter, misalnya panda, mobil-mobilan, kucing, boneka, dll. Modal di awal yang dikeluarkan Pristina untuk memulai memulai bisnisnya ini sekitar 2 – 3 juta rupiah, dan kini, little Bento house bisa mendatangkan omzet setiap bulan nya hingga 10 juta ke atas.

(vem/ims/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading