Sukses

Lifestyle

Jakarta Souvenir Design Awards 2013, Anugerah Desain Souvenir Terbaik Khas Jakarta

JSDA atau Jakarta Souvenir Design Awards adalah sebuah kompetisi yang diselenggarakan dan sudah empat kali oleh Dekranasda Provinsi DKI Jakarta. Dipimpin oleh Ibu Iriana Joko Widodo JSDA 2013 kali ini adalah hasil kerja sama dengan Senayan City, Majalah Hello dan Majalah Esquire Indonesia.

JSDA mencari desain souvenir khas Jakarta terbaik di mana kompetisi ini dibuka untuk umum yang nantinya akan mendapatkan piala JSDA 2013. Syarat utamanya? Cukup menyerahkan rancangan yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tentu karyanya harus asli, tidak meniru atau mengambil karya cipta orang lain.

Melalui ajang ini, diharapkan industri kreatif akan terus tumbuh dan berkembang serta mengundang minat para desainer muda untuk berkreasi dengan cara mengeksplorasi potensi Kota Jakarta. Dengan mengenal Kota Jakarta secara utuh ini tentu akan semakin mempertebal kecintaan terhadap seni dan budaya Jakarta dalam bentuk desain souvenir. Nantinya, souvenir ciptaan mereka juga tidak hanya menarik karena bentuknya namun juga wawasannya.

Tahun ini, sudah lebih dari 150 desain masuk dan mengikuti JSDA 2013. Ada pun 20 desain dari 20 finalis yang sudah terseleksi. 20 finalis tersebut kemudian dibagi dalam 3 kategori yaitu Profesional/ Umum, Mahasiswa dan UKM / binaan. Seluruh finalis ini telah memperoleh kesempatan mengikuti lokakarya dan klinik desain pada 18 Juli 2013 lalu di Senayan City yang dipimpin oleh para ahli di bidang desain. Ini dilakukan sebagai pembekalan untuk menghasilkan kualitas desain dan produk yang unik dan menarik.

Karya mereka kemudian dipamerkan di Main Atrium lantai 1 Senayan City pada 1 -18 Agustus yang lalu. Hingga pada akhirnya, mereka menjalani tahap seleksi akhir pada tanggal 18 Agustus oleh jajaran dewan juri yang terdiri dari Pincky Sudarman (Alun-alun Indonesia),  Ary Juwono (Professional Design Interior), Ade Darmawan (Ruang Rupa), Maudy Koesnaedy (Public Figure), Hudy Suharnoko (Kolektor Seni), Farah Wardhani (Art Historian), Eridanie Zulviana (Best Design JSDA 2012), Zara Zettira (Majalah Hello Indonesia), dan Dwi Sutarjantono (Majalah Esquire).

Ini dia 10 pemenang yang beruntung mendapatkan hadiah sesuai dengan kategori yang dilombakan.

1. Best Design : Selvia Lie (GO Around Jakarta)

2. Favorit : Erick Wibowo (Jakarta Advanture Kit)

3. Umum/profesional : Jessica Stephanie (Permen Bir Pletok None)

4. Mahasiswa : Alvin Suhadi (Roti Buaya 'Tanda Cinta Dari Jakarta')

5. UKM Binaan : Linda Wahyudiono & Satria Wahyu Pamungkas (Kain Batik 'Jakarta Punya Cerite)

Pemenang kategori Mahasiswa akan memperoleh uang tunai sebesar Rp.10.000.000, Kategori Umum/Profesional akan memperoleh uang tunai Rp.12.500.000 sedangkan untuk Kategori UKM atau Binaan akan memperoleh Rp.5.000.000. Ada juga pemenang kategori Best Design yang memperoleh uang tunai Rp.15.000.000.

Puncak acara yang dilaksanakan pada 18 Agustus lalu juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo bersama istri yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Dekranasda DKI Jakarta 2013, Ibu Iriana Joko Widodo serta Bapak Handaka Santosa selaku Ketua Pelaksana JSDA 2013. Ada juga Ibu Pincky Sudarman selaku Ketua Dewan Juri JSDA 2013, Ibu Zara Zettira selaku pimpinan redaksi Majalah Hello! Indonesia dan Bapak Dwi Sutarjantono selaku redaksi Majalah Esquire Indonesia.

Hasil yang dihasilkan oleh para finalis JSDA ini nantinya diharapkan akan mendapatkan mitra kerja dan dapat diproduksi dengan kualitas terbaik yang bisa dipasarkan di Lifestyle Mall di Jakarta. Selain itu, ini juga akan menarik wisatawan mancanegara dan domestik sehingga mereka memiliki pilihan yang menarik untuk dimiliki, koleksi atau sebagai hadiah. Tentu, event seperti ini harus selalu digalang dan diikuti oleh warga Jakarta agar lebih mengenal, mencintai dan membangun Jakarta melalui karya kreatifnya. Selamat untuk para pemenang !

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading