Sukses

Lifestyle

Senayan Citi Lakukan Evakuasi Kebakaran

Senayan City The World Class Shopping Destination melakukan latihan evakuasi kebakaran di Jalan Tembus Permata Hijau, Senayan City. Kegiatan ini  diikuti oleh seluruh komplek Senayan City yaitu Mal Senayan City, Apartemen, SCTV Tower, Panin Tower, Vendor yang berjumlah sekitar 1200 orang. Turut bergabung dalam latihan evakuasi kebakaran ini, Handaka Santosa, CEO Senayan City didampingi Henny Udy, COO Senayan City pada Selasa (11/6).

 “Kami sangat peduli dengan keselamatan karyawan, tenant dan seluruh penghuni komplek Senayan City. Latihan evakuasi ini secara rutin dilakukan dua kali dalam setahun oleh pengelola gedung Senayan City. Senayan City juga rutin menggelar latihan setiap minggu  bagi tim-tim tanggap darurat untuk melatih kesigapan dalam menghadapi bencana” jelas Handaka.

Handaka melanjutkan “Latihan seperti ini penting dilakukan agar apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan dapat segera diatasi dengan cepat, sesuai prosedur, sehingga seluruh penghuni di dalam komplek Senayan City mal dapat terevakuasi dengan baik. Jadi latihan seperti ini bisa mengurangi kepanikan seluruh penghuni dan pengunjung dalam menghadapi bencana”.

PROSEDUR TANGGAP DARURAT

Guna mengantisipasi berbagai kemungkinan situasi darurat yang dapat mengancam keselamatan pengunjung, Senayan City telah mempersiapkan berbagai prosedur penanganan standar (SOP) situasi darurat. Di antaranya dengan pemeliharaan dan pengecekan kelengkapan peralatan penunjang keselamatan hingga pelatihan pelaksanaan Prosedur Tanggap Darurat di Senayan City.

Senayan City Latihan Evakuasi Kebakaran

Beberapa kemungkinan situasi darurat yang patut diwaspadai, di antaranya kebakaran, gempa bumi, ancaman bom, mati lampu, kebocoran air dan gas, situasi kecelakaan yang mengancam keselamatan pengunjung, dll. Masing – masing situasi dihadapi dengan SOP yang berbeda. Dan untuk meningkatkan keahlian tim dalam menangani situasi darurat, berbagai pelatihan digelar secara rutin di Senayan City. Baik kepada karyawan Management Building, tim Customer Service, Tenant Relations, Engineering, Security & Parking, Housekeeping hingga tim dari vendor Senayan City.

Jenis pelatihan yang diberikan pun beraneka ragam. Mulai dari pelatihan Penanganan Pemadaman Kebakaran, Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan Penanganan Evakuasi yang digelar setiap 3 bulan serta pelatihan Evakuasi oleh Floor Warden setiap bulan dan pelatihan lainnya untuk menunjang keamanan, keselamatan dan kenyamanan pengunjung.


PERLENGKAPAN STANDAR KESELAMATAN

Sebagai sarana penunjang keselamatan pengunjung, Senayan City dilengkapi dengan berbagai perlengkapan standar keselamatan. Salah satunya adalah akses tangga darurat di tiap lantai. Untuk menuju ke tangga darurat tersebut, pengunjung cukup mengikuti arahan dari petugas pengawas atau Floor Warden di tiap lantai. Demikian pula dengan gedung Apartemen Senayan City Residences, Gedung SCTV dan Gedung Panin Tower, yang masing – masing dilengkapi dengan 2 (dua) akses tangga darurat.

Senayan City Lakukan Evakuasi Kebakaran

Khusus untuk penanganan terhadap bahaya kebakaran, Senayan City dilengkapi dengan berbagai peralatan, seperti Smoke Detector, Heat Detector, APAR, Fire Hydrant dan Fire Extinguisher.

Khusus peralatan evakuasi, Senayan City mempersiapkan Tandu, Handy Talky (HT), dan Fire Evacuation Box yang berisi bendera, senter dan topi senter yang terletak di depan tangga darurat tiap lantainya. Seluruh peralatan ini juga secara rutin diperiksa kelengkapannya oleh petugas di lapangan. Dan sebagai upaya pertolongan pertama pada kecelakaan, Senayan City memiliki In House Clinic dari Medic One, dengan dokter dan mobil ambulance yang stand by setiap saat. Medic One juga menyediakan pelayanan motor yang memiliki peralatan medis darurat standar internasional.

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading