Sukses

Lifestyle

Membully Orang Lain di Media Sosial Takkan Membuatmu Lebih Hebat

Ladies, sejak pagi tadi kamu membuka mata sudah berapa kali kamu melihat media sosial? Dari semua tampilan yang kamu lihat, ada berapa pesan dan komentar bernada kebencian? Ah, lelah hati rasanya melihat kejamnya kata-kata kebencian yang makin marak di media sosial.

Bila kamu salah satu dari orang yang ikut-ikutan tren nyinyir, bertindak kejam, dan membully orang lain di dunia maya, please, for the love of your mother gives you, stop it! Merundung orang lain tidak akan membuat kamu menjadi sosok yang lebih baik. Malah, itu hanya menunjukkan betapa rendahnya rasa kepercayaan diri yang kamu punya.

Demikian disampaikan Nuri Sadida, peneliti dan pengajar dari Fakultas Psikologi YARSI, Jakarta. "Orang yang nggak mau kalah di media sosial, yang memposting ini itu untuk mempertahankan argumennya, sesungguhnya orang yang tidak punya rasa kepercayaan diri di dunia nyata," demikian papar Nuri dalam talkshow Menjadi Pribadi Asik Tanpa Mengusik di Gandaria City Mall, Jakarta, Minggu (5/12).

"Dia harus memposting semua pendapatnya agar terlihat pintar," tambah Nuri yang fokus penelitiannya adalah media sosial.

Sebagai tindak pencegahan agar kamu tidak terpancing emosi, ada baiknya kamu melakukan pembatasan terhadap media sosial. Misalnya, kamu batasi diri kamu selama 30 menit saja untuk berselancar dunia maya. Dan, disiplinlah dengan aturan itu.

"Fokuskan juga pada hal yang kamu cari. Misalnya info soal masak, ya sudah fokus saja pada itu dan jangan melihat hal lain lagi," saran Nuri.

Kalau pun akhirnya kamu tergugah untuk mengunggah sebuah postingan atau artikel, pikir dulu baik-baik dampaknya. Lihat juga sumber beritanya, jangan sampai kamu terlihat (maaf) bodoh karena ternyata artikel itu hoax.

Yuk, tingkatkan media literasi kamu. Jangan sampai terpancing emosi ataupun terjebak dalam lingkaran berita hoax. Karena bagaimana pun postingan kamu mencerminkan kepribadian kamu.

Mulailah kritis pada kabar-kabar yang beredar di media sosial. Jaga baik-baik jari kamu, jangan sampai pada akhirnya malah kamu sendiri yang dirugikan. So, mulai sekarang, be wise ya Ladies :)

(vem/zzu/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading