Sukses

Lifestyle

Pemerintah Siapkan Kredit Sebanyak Rp 25 Juta Buat UKM

Semakin majunya teknologi, kini berbelanja apapun tidak perlu pergi ke toko. Melalui platform pasar online, masyarakat Indonesia sangat dimudahkan untuk membeli semua kebutuhan.

Bahkan, teknologi digital ini mampu meningkatkan ekonomi pada masyarakat Indonesia. Airlangga Hartarto, selaku Menteri Perindustrian Republik Indonesia menjelaskan bahwa ada empat unsur yang membuat Usaha Kecil Masyarakat (UKM) sukses. Unsur tersebut seperti Matrial, akses ke pasar, permodalan, dan pembinaan produk. Empat unsur ini terdapat pada teknologi digital seperti di platfrom pasar Bukalapak.

"Menurut data Kementerian Perindustrian, keterlibatan UKM dalam penggunaan teknologi digital mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia. Dengan berkembangnya UKM, Industri Kecil Menengah (IKM) menjadi sektor dominan dari populasi di dalam negeri dan berperan penting sebagai salah satu penopang perekonomian nasional. Untuk itu, kami sedang menggalakkan program e-Smart IKM, di mana kami akan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para pelaku industri agar produknya dapat diperdagangkan secara digital lewat market place yang beroperasi di Indonesia," ujar Airlangga saat ditemui dalam acara Ulang tahun ke-7 Bukalapak di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

acara Ulang tahun ke-7 Bukalapak di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. | Photo: Copyright Doc Vemale.com/Anisha SP

Menteri Perindustrian, Airlangga menambahkan, pemerintah sangat mendorong ekonomi berbasis digital ini. Ia mengharapkan penghasilan platfrom online bisa naik 10 kali lipat dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun ke depan. Pemerintah akan terus mendorong efesiensi dari produk dan logistik. Bahkan, kini pemerintah menyediakan kredit bagi usaha kecil sebesar Rp 25 juta yang hanya bermodalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Justru idealnya Rp 100 juta untuk kredit usaha rakyat, tapi dari Rp 25 juta bisa naik Rp 50-75 juta sudah bagus," tambahnya.

Airlangga pun menjelaskan, industri makanan dan minuman bisa menjadi andalan untuk usaha rakyat karena di setiap daerah memiliki kuliner yang beragam. "Setiap daerah pasti punya kuliner, dari situ kita bisa jualnya online, membuat market place online. Ini juga mendorong suksesnya usaha batu, emas, dan perak karena Indonesia memiliki potensi bahan-bahan ini. Ini hanya bagaimana kemasan setiap produk agar lebih menarik," tutupnya.

Nah Ladies, buat kamu yang juga ingin mengembangkan usaha, tak ada salahnya untuk memanfaatkan fasilitas pemerintah ini. Semoga, setiap usaha yang kita jalankan, akan senantiasa menuai kesuksesan nantinya.

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading