Sukses

Beauty

Metode Merapikan Ala Marie Kondo Ini Populer di Jepang, Sudah Coba?

Merapikan lemari dan ruangan mungkin terlihat melelahkan. Belum lagi jika rasa malas sudah menyerang. Boro-boro mau merapikan ruangan, menaruh baju dengan rapi di lemari saja rasanya sudah jadi tugas berat.

Tapi ada sebuah metode merapikan yang bisa membuat ruangan lebih sedap dipandang sekaligus memperbaiki kualitas hidup Anda. Namanya KonMari Method (Metode KonMari). Dan sosok yang menciptakan metode ini adalah seorang wanita cantik asal Jepang bernama Marie Kondo. Siapa ia sebenarnya? Dan kok bisa sih menemukan metode ini?

Dilansir dari Wikipedia, Marie Kondo adalah seorang konsultan kerapian dan penulis. Ia telah menulis empat buku tentang teknik merapikan yang telah terjual lebih dari dua juta eksemplar dan sudah diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Korea, Cina, Jerman, dan Inggris. Malah bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing telah diterbitkan di lebih dari 30 negara serta jadi best-seller di Jepang dan Eropa. Tak hanya itu, buku tersebut bahkan sudah dibuatkan drama televisi di Jepang. Wow! Luar biasa, ya.

Foto: copyright instagram.com/konmari_method

Marie punya rumus tersendirinya dalam merapikan barang-barang. Dikutip dari cabonated.tv, rumusnya sederhana saja: Keep things that you love, the things that bring you joy, everything else goes. Jadi barang-barang yang perlu disimpan adalah barang-barang yang kita sukai dan membuat kita bahagia. Selain itu semua, barang yang lain tak perlu disimpan lagi.

Satu lagi rahasia yang sudah ia bagi pada semua orang tentang membuat rumah jadi lebih rapi. "Ada urutan yang harus diikuti: 1. baju, 2. buku, 3. dokumen, 4. barang lain-lain, 5. tanda mata," kata Marie pada Business Insider. "Merapikan dengan urutan itu bisa membuat kita lebih mudah menentukan dan memastikan barang apa saja yang bisa memberikan rasa bahagia," tambahnya.

Foto: copyright instagram.com/konmari_method

Metode merapikan yang dibuat oleh Marie ini sudah diikuti oleh banyak orang. Buktinya banyak netizen yang mengunggah foto-foto hasil bersih-bersih mereka di media sosial seperti instagram dengan menggunakan hashtag #konmarimethod.

Marie saat ini menjalankan bisnis konsultasi di Tokyo membantu para klien mengubah rumah yang berantakan jadi tempat yang penuh inspirasi dan tenang. Berkat metode yang diciptakan tersebut, ia bahkan masuk menjadi salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi Time.com.

Nah, Ladies, apakah Anda tertarik untuk merapikan barang dan rumah Anda dengan Metode KonMari ini? Siapa tahu dengan membuat segala sesuatunya lebih rapi, Anda bisa merasa lebih bahagia di rumah dan kualitas hidup Anda jadi lebih membaik.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading