Sukses

Beauty

5 Kesalahan Fashion yang Wajib Dihindari Saat Akan Wawancara Kerja

Ketika harapan untuk mendapatkan karier yang lebih baik itu akhirnya muncul, Anda harus bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Seperti saat Anda mendapat panggilan wawancara kerja, salah satu hal yang perlu dipersiapkan dengan matang adalah memilih baju atau setelan yang pas untuk hadir dalam wawancara kerja tersebut. Pewawancara kerja pastinya akan melihat kemampuan serta penampilan Anda saat wawancara kerja. Jadi penting sekali untuk tampil dengan sempurna.

Seperti yang dilansir oleh bustle.com, ada lima kesalahan fashion yang wajib Anda hindari ketika akan menghadiri wawancara kerja. Menghindari lima kesalahan fashion ini setidaknya akan membuat peluang Anda untuk diterima kerja lebih besar.

    Kesalahan Pertama: Cat Kuku Berlebihan

    Dalam pertemuan pertama dengan pewawancara kerja, Anda sebaiknya memastikan kuku Anda pendek dan bersih. Cat kuku yang berlebihan dengan desain warna-warni yang tak karuan bisa membuat impresi diri Anda kurang baik. Untuk lebih amannya (jika Anda memilih untuk mengenakan cat kuku), pilihlah warna cat kuku dengan nuansa netral. Tapi perhatikan juga perusahaan yang akan Anda datangi, jika perusahaan tersebut bergerak di bidang fashion, Anda bisa coba sedikit bereksperimen dengan cat kuku Anda.

    Kesalahan Kedua: Baju Kusut

    Hadir di wawancara kerja dengan baju yang kusut dan belum disetrika akan memunculkan kesan bahwa Anda orang yang kurang rapi. Bahkan pewawancara kerja bisa berprasangka bahwa Anda kurang bertanggung jawab karena untuk urusan yang lumayan sederhana ini saja (menyempatkan diri untuk menyetrika baju) Anda tidak bisa melakukannya dengan baik, bagaimana nanti jika harus bekerja dengan tanggung jawab yang segudang.

    Kesalahan Ketiga: Baju yang Terlalu Seksi

    Anda akan melamar di perusahaan yang ternama dengan orang-orang yang berpendidikan tinggi. Jadi yang perlu Anda perlihatkan adalah potensi dan kemampuan Anda yang bisa Anda berikan untuk perusahaan tersebut. Memakai baju yang terlalu seksi atau terbuka bisa memberi kesan yang kurang baik untuk diri Anda sendiri. Riasan wajah juga tak perlu terlalu berlebihan. Anda bisa memilih menggunakan riasan wajah minimalis dengan tetap tampil cantik dan natural.

    Kesalahan Keempat: Pemilihan Warna Baju yang Salah

    Ada sejumlah warna baju yang sangat pas dipilih untuk dipakai saat wawancara kerja. Beberapa diantaranya adalah warna hitam, abu-abu, putih, cokelat, dan merah. Salah memilih warna baju bisa mengurangi kesan positif dari dalam diri Anda saat wawancara kerja. Apabila Anda ingin memperlihatkan kesan dapat dipercaya dan menonjolkan kesan sebagai pribadi yang aktif, Anda bisa pilih warna biru. Sementara untuk menunjukkan jiwa kepemimpinan yang tinggi, pilih warna hitam. Warna abu-abu bisa dipilih apabila anda ingin memperlihatkan kesan sebagai pribadi yang logis. Warna putih bisa mewakili pribadi Anda sebagai pribadi yang terorganisir. Ingin terlihat sebagai orang yang dapat diandalkan? Pilih warna cokelat. Dan jika Anda ingin menekankan kekuatan yang ada dalam diri Anda, Anda bisa pilih warna merah.

    Kesalahan Kelima: Keringat yang Terlihat

    Stres dan tertekan dalam wawancara kerja itu biasa. Tapi perhatikan juga keringat tubuh Anda. Sebaiknya pilih baju yang tidak terlalu ketat sehingga saat Anda berkeringat, tidak akan mudah terlihat.

Jika Anda ingin mengenakan parfum, pakai secukupnya. Pewawancara kerja tak suka berhadapan dengan orang yang bau tapi bau parfum yang menyengat juga akan sangat mengganggu. Selain itu, pilih pakaian yang nyaman sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading