Tips Hilangkan Noda Darah Yang Membandel

Selasa, 04 Januari 2011 07:00



(c) bloodstainremovalnow Vemale.com - Jangan pernah menunda pembersihan noda darah di baju kesayangan. Pesan ini memang benar, karena setelah mengering dibutuhkan usaha lebih keras lagi untuk menghilangkan noda darah. Namun apa mau dikata jika noda tersebut sudah mengering ketika Anda menyadarinya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menyelamatkan pakaian Anda.

Air dingin

Satu hal penting lain yang tidak boleh Anda lupa saat menangani noda darah adalah, jangan pernah menggunakan air hangat atau air panas untuk mengatasinya. Beberapa noda memang ampuh dihilangkan dengan air panas, namun suhu tinggi akan membuat darah semakin rekat dengan kain dan warnanya pun berubah menjadi coklat yang susah dihilangkan. Oleh karena itu, langkah pertama membersihkan noda adalah rendam pakaian Anda dengan air dingin selama beberapa saat.

Sabun batang

Alih-alih langsung mencuci dengan deterjen, ada serangkaian tahap dan bahan yang harus Anda berikan pada noda sebelum melakukannya. Bahan pertama adalah sabun batang. Gosok-gosok bagian yang terkena noda menggunakan sabun batang, kemudian beri air sedikit-sedikit agar berbusa. Noda akan sedikit terangkat, dan saatnya beranjak ke bahan selanjutnya.

Stain remover

Cairan penghilang noda tetap dibutuhkan di sini. Tuang atau semprot stain remover ke atas noda dan biarkan sesaat. Jangan melarutkan cairan dengan air, kemudian merendam pakaian karena cairan ini bisa memudarkan warna pakaian juga.

Larutan ammonia

Jika noda masih membandel, gunakan larutan amonia hidroksida yang biasanya ada pada cairan bleaching. Oleh karena cairan ini sangat keras pada pakaian, gunakan cotton bud untuk mengaplikasikannya pada noda darah.

Deterjen enzim

Setelah langkah-langkah di atas, noda membandel Anda pasti sudah jauh berkurang dan saatnya mencuci dengan deterjen. Deterjen yang paling ampuh adalah yang berbasis enzim karena efektif memecah ikatan protein darah sehingga noda bisa hilang secara tuntas. Namun jika tidak ada, serangkaian langkah di atas sudah cukup untuk mempermudah hilangnya noda sehingga Anda bisa mencuci dengan deterjen biasa. (vem/miw)







ARTIKEL TERKAIT - TIPS AND TRICKS
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...