Sukses

Beauty

3 Trik Mudah Mengatasi Ketagihan Belanja

Kegiatan belanja adalah kegiatan yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan wanita. Bahkan belanja bisa jadi kegiatan penghilang stres. Tapi jika sudah kelewatan dan mengarah pada level sudah ketagihan belanja, Anda perlu berhati-hati. Ketagihan belanja bukan hanya membuat pengeluaran Anda semakin membengkak tetapi berpengaruh juga pada kondisi mental atau psikis Anda.

Agar bisa mengatasi ketagihan belanja dan lebih bijak dan cerdas lagi dalam berbelanja, Anda bisa mencoba tiga trik mudah mengatasi ketagihan belanja yang dilansir dari womenshealthmag.com berikut ini. Let's be a smart shopper!

Jangan Terburu-Buru untuk Langsung Membeli
Salah satu kesalahan wanita dalam berbelanja adalah langsung memutuskan untuk membeli ketika merasa barang yang dilihatnya itu terlihat cantik atau lucu. Untuk mengontrol pengeluaran dan pemborosan, luangkan waktu Anda untuk melakukan semacam riset. Cobalah cari tahu apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut. Atau jika perlu, cobalah tanya ke teman-teman Anda dan mintalah opini atau pendapat mereka tentang barang yang akan Anda beli tersebut.

Penting juga untuk menimbang-nimbang apakah barang tersebut bisa Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama. Dan nantinya jika barang tersebut sudah tidak digunakan lagi, pikirkan bagaimana cara Anda akan memperlakukan barang tersebut. Jika sedang berada di mall dan melihat ada barang yang begitu menggiurkan, setidaknya beri diri Anda waktu 30 menit sebelum memutuskan apakah Anda akan benar-benar membeli barang tersebut atau tidak.

Apakah Anda Layak untuk Barang Tersebut?
Mari kita gunakan ilustrasi ini. Untuk memastikan apakah Anda layak dan pantas untuk membeli sebuah jaket, coba tanyakan kepada diri Anda tentang hal luar biasa apa yang sudah Anda lakukan. Jika misalnya Anda berhasil mendapatkan kenaikan gaji atas usaha dan kerja keras Anda di kantor, mungkin Anda bisa menjadikan jaket itu sebagai hadiah untuk diri Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda akan mudah menghargai barang yang Anda beli dan tidak menjadikannya sebagai barang yang sia-sia saja.

Seimbangkan Perspektif Anda
Anda mungkin punya daftar barang-barang yang ingin Anda beli. Selain daftar tersebut, buatlah daftar lain tentang barang-barang yang sudah Anda miliki dan syukuri semuanya. Cara ini mungkin terlihat sepele, tapi cobalah untuk mengubah perspektif Anda dan menyeimbangkannya. Dua daftar yang Anda buat tersebut (barang yang akan dibeli dan barang sudah dimiliki) akan membuat Anda untuk lebih mensyukuri semuanya dan tidak mudah tergoda untuk membeli barang baru.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading