Sukses

Beauty

5 Kesalahan Yang Bikin Celana Jeans Cepat Rusak

Sebagian orang memang berkata tidak akan pernah mencuci celana jeansnya dengan mesin cuci untuk menjaga celana jeans tetap awet. Tetapi, kesibukan ternyata berkata lain. Karena tak ada waktu hand washing, akhirnya mencuci dengan mesin cuci adalah jalan yang paling praktis dan menghemat waktu.

Dan sayangnya cara praktis ini malah bikin jeans jadi cepat rusak. Adakah cara untuk mengatasi hal ini?

Menjaga celana jeans tetap cantik tidak sesulit bayangan Anda kok. Ikuti saja beberapa cara berikut ini:

Langkah 1.

Coba dibalik dulu sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Cara ini membantu mencegah pemudaran warna karena bagian dalamnya yang akan dicuci dan dibilas. Kalaupun ada noda, maka bagian dalam pula yang akan 'dihajar' oleh sabun cuci.

Jangan lupa menutup kancing serta resletingnya juga ya saat dimasukkan ke mesin cuci.

Langkah 2.

Kurangi load cucian Anda. Mencuci celana jeans yang kotor membutuhkan banyak ruang untuk membuatnya efektif dicuci. Memang sih Anda bisa menambahkan sabun, tetapi kotoran sulit dibuang keluar apabila load cuciannya terlalu banyak.

Langkah 3.

Sesuaikan mode mencuci di mesin cuci agar Anda tidak salah menangani. Setidaknya, gunakan mode gentle saja karena sekuat apapun, celana jeans adalah tetap materi kain yang mudah koyak dan rapuh bila terus menerus dicuci.

Langkah 4.

Hindari penggunaan deterjen yang mengandung pemutih saat mencuci celana jeans. Sekalipun sedikit penggunaannya, deterjen dengan pemutih akan membuat warna jauh lebih cepat pudar.

Lebih baik pilih deterjen yang memang bisa merawat dan menjaga warna agar tetap awet.

Langkah 5.

Menjemur di bawah sinar matahari langsung memang membuat baju lekas kering. Tetapi kalau Anda perhatikan, bahan materi kain jadi cepat kasar dan pudar warnanya. Lebih baik cari spot di rumah di mana banyak akses angin dan tetap rindang.

Mengikuti lima langkah di atas, celana jeans Anda dijamin tetap awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama. Satu hal lagi yang tak boleh lupa, ada baiknya jeans tidak perlu diseterika.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading