Sukses

Beauty

Ini Dia Cara Para Bule Pakai Batik

Batik sebagai peninggalan kebudayaan bangsa Indonesia tentunya harus dilestarikan dan selalu diteruskan agar tidak hanya tinggal menjadi sejarah saja. Dibuat dengan teknik pewarnaan kain menggunakan malam, batik memiliki kekhasan penggunaan motif-motif dan warna yang berbeda di setiap daerah.

Batik sudah dikenal di Indonesia sejak zaman Majapahit, dan sangat populer pada abad ke 28 dan abad ke 29. Batik Indonesia kemudian ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009 lalu.

Sejak itu pula, tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik di Indonesia, di mana kantor dan instansi serta sebagian perusahaan swasta diwajibkan mengenakan batik.

Tak hanya orang Indonesia saja yang doyan mengenakan batik, masyarakat luar negri juga tertarik akan keindahan serta seni batik itu sendiri. Bahkan mereka yang pernah mengenal batik atau berkunjung ke Indonesia, mengenakan batik sebagai outfit sehari-hari. Seperti yang dilakukan beberapa orang berikut ini...

(vem/bee)

Dipadu dengan blouse

Bahkan kain batik memang cantik dipadukan dengan blouse. Kain batik yang satu ini dilipat dengan cantik bak sarung, kemudian diaplikasikan sebagai rok midi.

Warna batik yang beragam juga tetap cantik dipadukan dengan berbagai motif. Tidak perlu bingung memadukannya, Anda bebas bereksplorasi dengan berbagai motif yang ada.

Batik juga memberikan tampilan casual maupun formal, dengan padu padan dan pemilihan motif serta warna.

Batik scarf

Yang satu ini dapat menjadi ide unik dikenakan dalam acara casual ataupun ke kantor. Cuaca saat ini sulit ditebak antara panas atau dingin, untuk itu, aksen scarf menjadi penolong yang tepat untuk tetap bergaya namun juga memberikan perlindungan.

Bosan dengan scarf berbahan rajut yang hanya memberikan rasa hangat, Anda bisa memilih scarf berbahan batik yang akan memberikan rasa hangat ketika udara dingin, dan nyaman ketika udara panas.

Mencucinyapun lebih ringan, serta cocok digunakan di segala suasana. Anda bisa memilih motif dan warna yang disesuaikan dengan acara yang akan Anda datangi.

Batik untuk blouse

Kata siapa batik tidak pernah keren dijadikan blouse? Wah para bule ini malah menikmati kenyamanan mengenakan blouse berbahan batik. Selain nyaman dan dingin, batik juga memberikan kesan yang formal sekaligus casual. Tergantung bagaimana Anda memadukannya dengan busana lain saja. Anda bebas berekspresi dengan batik.

Kaya warna dan juga motif, Anda tak perlu ragu memadukannya dengan busana yang Anda punya. Sekalipun dipadu dengan motif berbeda, batik tetap tak pernah kalah motifnya.

Celana santai batik

Karena udara yang panas sering membuat kulit bermasalah, Anda bisa memilih batik sebagai bahan busana sehari-hari Anda. Misalnya saja celana santai yang satu ini, selain nyaman dia juga menyerap keringat, sehingga daerah intim juga terjaga kelembabannya.

Kalau Anda pergi ke Bali atau ke Jogja, maka Anda akan menemukan aneka ragam model celana santai berbahan batik. Mulai dari yang cara memakainya seperti sarung dan dilengkapi tali, hingga yang berbahan ban karet yang mengikuti bentuk dan ukuran tubuh.

Batik cardigan

Cardigan yang satu ini tentunya tetap nyaman dan cantik dipadukan dengan bawahan apapun. Anda tak harus memadukannya dengan bahan kain, tetapi juga bisa dengan bahan jeans.

Tinggal memilih motif dan potongan, Anda bisa menyulap batik yang usianya berabad-abad ini menjadi busana modern yang up to date.

Nah, kalau para bule saja menemukan cara untuk bangga memakai batik, bagaimana dengan Anda yang menjadi pewarisnya? Sudahkah Anda mencintai batik?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading