Tips Memadukan Warna Busana Secara Profesional

Senin, 22 Maret 2010 07:38


(c)telegraph.co.uk Vemale.com - Warna-warni memang membuat dunia jadi lebih indah, namun mungkin juga membuat kita jadi bingung jika mulai berhadapan dengan teknik padu padan busana.

Matching tidak sama dengan sewarna

Ada banyak wanita yang salah berpikir tentang istilah tampil matching. Mereka berpikir bahwa keseluruhan tampilan dengan warna senada itu pasti matching. Tentunya hal ini benar, namun meski ingin tampil selaras, kita tidak perlu menyeragamkan warna seluruh pernak-pernik busana kita, seperti mulai dari bando di kepala, kalung, atasan, bawahan, hingga sepatu.

Penampilan 'kelewat matching' yang demikian malah akan membuat seseorang tampil monoton dan membosankan karena tak adanya warna lain yang memberi sentuhan semarak. Jika Anda berpakaian hitam-hitam dari atas hingga bawah tanpa sentuhan warna merah sedikitpun misalnya, akan membuat tampilan menjadi tampak menjemukan. Serba pink tentu sangat girly, namun lebih baik itu ditinggalkan untuk anak-anak TK saja. Mengenakan yang serba hijau juga akan mencerminkan diri seperti sayuran berjalan.

Lalu bagaimana jika Anda diharuskan mengenakan pakaian yang senada dari atas hingga bawah?!

Anda bisa menambahkan aksesoris, jaket, atau mengenakan sepatu yang berbeda warna. Atau Anda bisa mengenakan setelan dengan tingkat gradasi warna yang berbeda, seperti atasan burgundy atau pink untuk rok merah misalnya.

Jika Anda harus membeli setelan dengan warna yang senada, maka cokelat adalah pilihan yang paling bijak. Ada begitu banyak kombinasi gradasi warna cokelat yang saling matching satu dengan lainnya, misalnya seperti camel-cokelat, tan-emas, pirang-kopi, russet (cokelat kekuningan)-beige.

Warna yang paling serbaguna?

Hitam memang matching dengan hampir semua warna, namun selalu ada kombinasi yang lebih efektif daripada kombinasi lain, seperti hitam-pastel yang sayangnya hanya cocok untuk mereka yang berkulit putih. Untuk kombinasi umum (semua warna kulit) adalah hitam-merah, hitam-putih, hitam-ungu, hitam-kuning terang, hitam-abu-abu, dan lain-lain. Jadi, jika Anda memiliki dana yang terbatas untuk membeli rok atau celana, maka ada baiknya Anda memilih yang warna hitam. Warna ini sangat serbaguna.

Lalu bagaimana dengan warna pastel?

Untuk macam-macam warna pastel seperti baby pink, baby blue, abu-abu pucat (pale grey), kuning Paskah, dan hijau pastel bisa dipasangkan dengan warna-warna netral seperti cokelat atau abu-abu. Karena pastel merupakan warna yang cerah, jadi matching jika dipasangkan dengan warna gelap/ suram. Berikut ada beberapa kombinasi yang mungkin bisa membantu penampilan Anda, beige-baby pink, khaki-kuning Paskah, abu-abu pucat-baby blue, dan lain-lain.

Namun tak semua warna cerah bisa matching dengan warna suram.

Misalnya seperti warna merah/ oranye menyala dengan beige, neon pink dan kuning mustard, kuning fluorescent dan cokelat tan adalah pilihan buruk. Jadi, jauhi warna-warna pantai macam ini dan jangan sekali-kali memakainya ke kantor.

Yang dari alam

Untuk warna-warna alam seperti pasir, batu bata, hijau hutan, lumpur cokelat, sangat pas bila dipadankan dengan warna senada berry seperti violet, fuchsia, dan magenta. Namun, padukan warna dengan level gelap atau cerah yang sama, seperti hijau hutan dan burgundy, keduanya memiliki tingkat gelap yang selevel.

Dengan panduan singkat di atas, maka kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk memadu-padankan busana yang akan Anda kenakan. Selamat berkreasi! (vem/meg)





ARTIKEL TERKAIT - TIPS AND TRICKS
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

21 April - 27 April
Jika ada kritikan dari rekan kerja ada baiknya Anda tampung dan...