Tips Membersihkan Perhiasan Emas

Minggu, 14 Februari 2010 07:58



(c)dorfmanjewelers.com Vemale.com - Perhiasan emas memang selalu jadi pilihan nomor satu. Hal ini dikarenakan bahannya yang tak mudah luntur, meski dipakai saat mandi. Pada umumnya, kita mengenal dan memakai dua jenis emas, putih dan kuning.

Persamaan keduanya adalah sama-sama dibuat dari 75% emas murni. Namun, perbedaannya terletak pada 25% sisanya. Tentunya ini tergantung dari siapa yang membuat perhiasan tersebut.

Kebanyakan emas kuning dibuat dari 75% emas murni yang dicampur dengan zinc dan tembaga. Sedangkan emas putih biasanya dibuat dari perpaduan emas murni dan logam putih. Yang menjadi pilihan untuk melapisi emas putih seringkali adalah rhodium.

Cara paling murah untuk membersihkan perhiasan yang terbuat dari emas kuning (platinum juga bisa) adalah dengan merendamnya dalam air hangat yang bercampur dengan beberapa tetes amonia. Gunakan sikat gigi lembut untuk pembersihan ekstra. Setelah membersihkan, bilas, lalu keringkan dan gosok dengan kain lembut. Baru emas boleh disimpan atau dipakai kembali.

Sementara untuk emas putih, caranya hampir sama. Masih tetap menggunakan amonia, hanya perbandingan antara air dan amonia yang dipakai sama, 1:1. Hanya saja, jangan menggunakan cairan ini bila perhiasan emas putih Anda dipermanis dengan batu-batuan kristal atau sejenisnya (selain berlian) karena larutan ini akan merusak keindahan batuan tersebut.

Rendam emas putih ke dalam larutan sekitar 15 menit. Keluarkan perhiasan dari larutan dan gosok dengan sikat gigi lembut. Setelah itu keringkan perhiasan sebelum disimpan kembali.

Tambahan:
Jangan pernah membersihkan emas putih dengan pasta gigi, klorin, maupun produk lain yang mengandung bahan klorin atau pemutih. Bahan ini hanya akan merusak keindahan emas putih yang ada. Selamat mencoba! (vem/meg)







ARTIKEL TERKAIT - TIPS AND TRICKS
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...