Sukses

Beauty

Cara Mudah Merawat Pakaian Dengan Bahan Katun

Pakaian dengan bahan katun memang menjadi favorit para wanita. Ini disebabkan karena efek nyaman dan ringan yang diberikan katun ketika dipakai. Hayo ngaku, berapa banyak pakaian Anda yang ada di lemari yang berbahan katun. Semua? Sebagian besar pasti iya.

Untuk Indonesia yang mempunyai iklim tropis, bahan katun memang menjadi pilihan yang sesuai. Ringan dan breathable membuat pakaian berbahan katun enak dipakai. Jangan salah, bahan ini juga perlu ekstra perhatian dari Anda lho, Ladies. Jika sedikit saja Anda salah merawatnya, bisa-bisa baju berbahan katun Anda tidak akan berumur lama.

Tidak ingin hal ini terjadi bukan? Berikut beberapa tips yang Vemale akan bagikan untuk Anda. Mudah, praktis dan pasti bisa Anda lakukan.

1. Waktu yang tepat

Tips pertama adalah Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pakaian dengan bahan katun ini. Jika saja Anda salah dalam menggunakannya, bersiaplah untuk cepat-cepat mempensiunkan pakaian Anda tersebut.

Karena katun adalah bahan yang ringan dan menyerap angin, waktu yang tepat adalah saat musim kemarau, dimana matahari bersinar dengan cerahnya dan angin berhembus sejuk. Dilansir oleh Idiva, musim kemarau memang waktu yang paling sempurna untuk Anda memakai pakaian berbahan katun. Pemakaian pada musim hujan akan merusak kain dan membuat warna menjadi pudar. Hati-hati, Ladies.

2. Perhatikan garis jahitan

Jahitan pada kain katun biasanya akan menjadi hal yang paling mengkhawatirkan. Mulai dari atas hingga bawah, tentu pakaian berbahan katun dijahit dengan sedemikian rupa sehingga menarik. Namun, bukan berarti Anda harus 'percaya' begitu saja bukan dengan jahitan tersebut?

Anda bisa pergi ke tukang jahit untuk memberikan jahitan double pada pakaian Anda. Anda juga mungkin perlu meminta khusus penjahit Anda untuk memberikan embriodery, trik ini tidak akan pernah bisa berlaku untuk kain seperti sutra dan satin. Dua hal tersebut bisa Anda lakukan demi mencegah sobeknya jahitan dari pakaian Anda. Segera ke tukang jahit langganan Anda, ya Ladies.

3. Noda

Karena seringnya dipakai pada musim kemarau, pasti katun tidak akan lepas dari yang namanya keringat dan bekas deodoran ya Ladies. Yang sering terjadi adalah adaya bekas noda pada bagian ketiak dan lengan. Pemakaian parfum yang berlebihan juga akan meninggalkan noda pada pakaian dengan bahan katun.

Nah, jika ini sering terjadi pada Anda, segera cuci pakaian dengan merendamnya terlebih dahulu dengan deterjen. Anda juga bisa membersihkannya dengan cara-cara lain untuk bagian-bagian tertentu terlebih dahulu sebelum membersihkannya secara keseluruhan. Kemudian, kucek pada bagian tertentu tersebut hingga tidak lagi berbekas.

4. Teknik Mencuci

Nah, untuk yang satu ini memang harus Anda sendiri yang melakukannya. Jika selama ini Anda mengandalkan mesin cuci, untuk kali ini Anda harus mencucinya dengan tangan. Yup, hand-wash atau mencuci dengan tangan akan memberikan umur panjang pada pakaian katun Anda. Karena berserat alami, katun mungkin akan menyusut ketika Anda cuci. Jadi, jangan cemas ya.

Kalaupun Anda memang harus menggunakan mesin cuci, pisahkan katun yang 'ringan' dengan yang 'berat'. Jangan lupa pula untuk selalu membalik pakaian Anda. Ini harus dilakukan guna menghindari pudarnya warna pakaian Anda. Ingin yang lebih ekstrim? Mungkin Anda bisa menjadikan semua pakaian katun Anda menjadi satu ketika mencuci. Ini tentu akan membuat pakaian lebih mudah untuk dicuci.

5. Penyimpanan

Jika sudah melewati fase pencucian dan penjemuran yang benar, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyimpannya dengan benar dan rapi. Setrika dengan temperatur hangat, bukan panas, ingat ya, Ladies. Ini akan menghilangkan kusut pada pakaian setelah dicuci namun juga tidak merusak serat kain.

Kemudian, Anda bisa menyimpannya di ruangan atau lemari yang kering sejuk atau bersuhu ruangan. Jangan lupa untuk menghindarkan pakaian dari suhu lembab dan sinar matahari langsung.

Bagaimana Ladies? Kini Anda sudah mengetahui rahasia bagaimana menjaga pakaian katun Anda tetap terjaga dengan baik bukan? Terlihat mudah atau ribet? Atau Anda mempunyai cara lain yang sudah lama Anda lakukan dan berhasil? Yuk share di sini.

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading