/fashion/tips-and-tricks/18937-5-tips-baju-lebih-awet-dan-tahan-lama.html

5 Tips Baju Lebih Awet dan Tahan Lama

Selasa, 11 Desember 2012 09:00



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Baju adalah salah satu aset penting. Kalau bisa, baju dapat dipakai berulang kali dan awet dalam jangka waktu yang lama. Jangan sampai, saat akan memakai baju yang lama disimpan, ternyata baju berjamur, berubah warna dan sebagainya.

Inilah cara yang bisa Anda lakukan agar baju selalu awet dan tahan lama:

Angin-Anginkan

Tidak semua baju dipakai secara teratur. Ada baju-baju khusus yang hanya dipakai beberapa bulan sekali, biasanya dress atau pakaian pesta. Pakaian-pakaian ini sering dibungkus dengan plastik khusus agar bentuknya terjaga. Sekali waktu, keluarkan pakaian dari gantungan dan angin-anginkan di udara terbuka. Ini akan membantu menghilangkan kelembaban yang berpotensi mengundang jamur pada pakaian.

Mengatasi Bekas Hanger

Bila Anda menggantung baju atau dress dengan hanger, pastikan memakai hanger dengan bagian bahu yang lembut. Jangan sampai bentuk pakaian pada bahu berubah atau mengecap ujung hanger karena terlalu lama disimpan. Sudah banyak dijual hanger yang dilapisi spons, sehingga baju Anda tidak berubah bentuk walau disimpan dalam waktu yang lama.

Gunakan Pemutih Alami

Banyak pemutih pakaian beredar, tetapi bahan pemutih, jika dipakai berkali-kali akan merusak serat kain. Anda bisa memilih pemutih yang lebih ramah. Gunakan campuran air dan sedikit baking soda untuk membuat pakaian putih semakin bersinar.

Kancingkan Baju Saat Dikeringkan

Anda harus berhati-hati saat mengeringkan pakaian dengan mesin, apalagi jika mencampur semua jenis pakaian dalam satu kali pengeringan. Pastikan Anda mengancingkan kancing, menutup ristleting dan kaitan baju lainnya agar tidak berpotensi menarik serat kain lain dan merobek pakaian.

Jangan Campur Pakaian Warna dan Putih

Saat proses perendaman, akan lebih baik jika Anda tidak mencampur pakaian berwarna dan pakaian putih. Hal ini dilakukan agar pewarna pada pakaian warna tidak membuat pakaian putih lebih kusam atau terkena lunturan. Pastikan juga Anda tidak mencampur rendaman pakaian yang baru dibeli dan pakaian lama. Warna pakaian baru biasanya akan luntur dan berpotensi membuat pakaian lain terkena warna lunturan.

Tidak terlalu sulit bukan? Selamat Mencoba!

(vem/yel)





ARTIKEL TERKAIT - TIPS AND TRICKS
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

27 Oktober - 2 November
Anda mengalami kegalauan di bidang karir Ladies Anda harus lebih banyak...