/fashion/pernik/14861-tips-memilih-menu-makanan-untuk-pesta-pernikahan.html

Tips Memilih Menu Makanan Untuk Pesta Pernikahan

Kamis, 20 September 2012 15:23



(c) shutterstock

Vemale.com - Makanan adalah satu hal penting yang tidak dapat dipisahkan dari pesta pernikahan. Jamuan untuk sebuah pesta pernikahan merupakan salah penanda bagaimana Anda menghargai tamu yang menghadiri acara Anda. Jangan sampai jamuan yang Anda siapkan justru mengecewakan para tamu dan undangan. Jangan sampai jumlah makanan yang dihidangkan kurang atau, lebih buruk lagi, makanan yang Anda hidangkan ternyata sudah basi. Hal ini tentu akan sangat memalukan bagi keluarga Anda. Oleh sebab itu, Anda harus merencanakan seluruh detail dalam pernikahan Anda sebaik-baiknya, termasuk pada saat Anda memilih menu makanan. Anda tentu harus memperhitungkan biaya, jumlah, rasa, serta penampilan makanan yang akan Anda hidangkan pada pesta pernikahan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih makanan pada pesta pernikahan Anda:

1. Sesuaikan dengan tema pernikahan

Apabila Anda bermaksud menyajikan menu makanan tradisional negara, Anda hanya tinggal memilih menu tradisional Indonesia manakah yang akan Anda sajikan pada jamuan pesta pernikahan Anda. Anda bisa memilih mulai dari soto, bakso, sate, gado-gado, atau makanan khas kota-kota di Indonesia yang lain. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan peralatan makan tradisional untuk menambah sisi eksotis menu makanan di pesta pernikahan Anda. Jika Anda memiliki tema pernikahan yang lain, Anda tinggal menyesuaikan makanan yang akan dihidangkan dengan tema yang Anda gunakan. Lihat saja, pernikahan Anda akan terlihat unik dan menarik.

2. Lakukan survey ke beberapa jasa katering makanan

Jika Anda menggunakan jasa katering makanan, Anda harus memastikan bahwa makanan dari jasa katering makanan tersebut sehat dan menggunakan bahan makanan yang baik. Jangan lupa untuk memiliki paket katering yang tepat sehingga Anda bisa memperoleh ragam makanan yang lezat pula. Hal yang paling penting adalah Anda harus benar-benar memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan termasuk bahan makanan yang halal. Selain makanan, minuman yang disajikan juga harus sehat. Jangan sampai ada salah satu tamu undangan Anda yang menderita radang tenggorokan selepas menghadiri resepsi pernikahan Anda. Jika Anda menyediakan buah-buahan sebagai makanan penutup, pastikan buah yang disajikan selalu dalam kondisi segar.

3. Sesuaikan menu dengan daerah asal kedua mempelai.

Menu yang Anda sajikan sebaiknya sesuai dengan cita rasa masakan Indonesia. Makanan seperti sate, soto, dan soto merupakan beberapa contoh makanan yang dapat Anda sajikan untuk menampilkan cita rasa masakan Indonesia. Jika Anda berasal dari Padang, Anda bisa menyajikan ragam makanan seperti sate padang dan rendang. Jika Anda berasal dari Palembang, makanan sejenis pempek, tekwan, dan mie telor bisa menjadi beberapa pilihan. Sebelum makanan tersebut disajikan kepada para tamu dan undangan, ada baiknya Anda meminta bagian panitia atau bagian dapur untuk mencicipi makanan tersebut. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi apabila beberapa makanan ternyata memiliki rasa kurang sesuai.

Nah, jangan salah lagi ya, Ladies. Jamuan makanan pada pesta pernikahan merupakan hal yang sangat penting karena di sinilah rasa penghargaan Anda kepada para tamu dinilai. Ketika makanan yang Anda sajikan dapat memuaskan para tamu, tentu Anda sebagai pihak yang mengundang juga akan merasa sangat lega. Sebaliknya, jika makanan yang Anda sajikan kurang memuaskan, tentu Anda akan merasa malu dan kecewa.

(vem/fii)





ARTIKEL TERKAIT - PERNIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

27 Oktober - 2 November
Anda mengalami kegalauan di bidang karir Ladies Anda harus lebih banyak...