Sukses

Fashion

Indahnya Kain Tradisional Indonesia Timur di Indonesian Inspiring Women Day 2015

Indonesia adalah negara yang kaya akan budayanya. Jika kain batik sudah dikenal luas sebagai salah satu kain tradisional Indonesia, satu lagi kain yang membanggakan dari negeri ini ialah kain tenun dari Indonesia Timur. Kain tenun sendiri memiliki banyak ragam dan variasi kain yang diciptakan oleh para penenun, sehingga hasilnya patut diacungi jempol.Maka dari itu, untuk memperkaya wawasan budaya, salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan kain khas masing-masing dari Indonesia Timur di Jakarta. Melalui Indonesia Inspiring Women Day 2015 (IIWD), sebuah acara digelar dengan tema Delivering Indonesian Premium Textile for Everyone pada tanggal 28 Mei 2015 di Klub Kelapa Gading.

Pameran kain tenun dari Indonesia Tumur di Jakarta | Photo: Copyright Doc Vemale.comTahun ini merupakan tahun perdana diselenggarakannya event besar yang mengangkat pesona kain Indonesia Timur. Yeni Sebayang, sebagai penggagas kegiatan Indonesian Inspiring Women Day mengatakan tujuan diadakannya acara ini karena ingin menghadirkan sebuah wadah yang dapat menyatukan dan mempertemukan kaum wanita untuk bersama-sama berbagi informasi mengenai budaya Indonesia."Ide menyelenggarakan acara ini berawal dari kesukaan saya melakukan traveling dimana yang terakhir, saya pergi ke Indonesia Timur. Saya pikir Indonesia Timur jauh dari Jakarta dan saya mencoba untuk memfasilitasi pecinta kain di sana. Ternyata UKM meresponnya hingga acara ini bisa berjalan. Karena acara ini saya harap Indonesia Timur bisa lebih dikenal dan banyak orang yang menjadi tahu," kata Yeni Sebayang saat ditemui dalam jumpa pers di Kelapa Gading Jakarta Utara pada Kamis 28 Mei 2015.

Para penenun didatangkan langsung dari Indonesia Timur seperti Samarinda, Bali, Papua dan NTT | Photo: Copyright Doc Vemale.comYeni mengakui bahwa proses diadakan kegiatan ini hanya memakan waktu selama tiga bulan saja. Dalam acara ini mengumpulkan perempuan penenun dari Indonesia Timur untuk hadir dalam kegiatan IIWD 2015 di Jakarta antara lain dari Samarinda, Sambas, Manado, Bali, Bima, Kupang, Lombok, Ternate hingga Flores. Di sini pengunjung dapat melihat, mempelajari dan bahkan membeli kain-kain dari daerah tersebut langsung dari para penenun."Satu hal yang membuat saya terkesan adalah bagaimana perempuan di setiap daerah memainkan peranan penting dalam melestarikan dan mengembangkan seni serta budaya lokal, di tengah kesibukan mereka sebagai ibu rumah tangga," ucap wanita yang sejak kecil mencintai kain tradisional ini.

Acara ini digelar agar kaum perempuan tahu lebih banyak mengenai keragaman budaya dan kain tenun asli Indonesia | Photo: Copyright Vemale.comIndonesian Inspiring Women Day, lanjutnya, di sini tempat untuk memberikan kesempatan kepada para penenun dari daerah Indonesia bagian Timur untuk dapat memamerkan hasil karya tangan mereka ke masyarakat urban Jakarta. Tak hanya kain saja yang dijual, di sini pengunjung juga bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan tenun ikat dari Flores NTT.Berbagai warna, motif maupun corak menghiasi pameran kain tradisional tersebut. Selain itu, kegiatan menarik ini juga dihadiri oleh Vera Anggraini desainer kebaya, Imelda Fransisca Miss Indonesia 2015 dan Gusnaldi Make Up Artist. Tujuan kedatangan mereka adalah untuk mensuport IIWD 2015.

Acara ini digelar untuk memperkenalkan kain tenun dan budaya dari Indonesia Timur | Photo: Copyright Doc Vemale.com"Saya akan mencari karya tradisional lainnya untuk diangkat sebagai tema IIWD ke depannya, sehingga kegiatan ini bisa terus menginspirasi kaum perempuan Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam mengangkat citra seni dan budaya tanah air ke tingkat yang lebih tinggi," tutup Yeni. Yuk Ladies dukung kegiatan menarik dari Indonesian Inspiring Women Day selanjutnya, karena kalau bukan Anda, siapa lagi yang akan melestarikan seni budaya bangsa ini... :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading