Sukses

Fashion

Seperti Apa Gudang Zalora Indonesia? Intip di Sini

Salah satu e-commerce Indonesia yang mengalami pertumbuhan pesat ialah Zalora. Setiap tahun online fashion ternama ini mengalami peningkatan pengunjung, sehingga sampai sekarang ini setiap bulan pengunjung Zalora bisa mencapai angka tujuh juta.

Maka dari itu, untuk mempermudah pengelolaan permintaan setiap customer, Zalora pun membangun warehouse. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan rasa kepercayaan tersendiri bagi pelanggannya. Dan itu terbukti, saat tim Vemale berhasil mengunjungi warehouse yang terletak tepat di Jalan Regalia daerah Cijantung.

Photo: copyright Vemale

Dengan luas bangunan 15.000 meter persegi, di sana tampak rak-rak dan barang-barang sesuai item yang dikumpulkan yang sedang diatur oleh para karyawan. Bersama Chief Executive Officer (CEO) Zalora, Frederik Thomassen, tim Vemale berkesempatan menelusuri gudang besar tersebut.

Proses barang yang masuk ke dalam warehouse, pertama-tama dimulai dari pengecekan item dari supplier. Setelah itu pemberian barcode yang memudahkan penyimpanan barang, kemudian penyimpanan barang di rak. Bila ada customer yang membeli, proses selanjutnya adalah pengambilan barang pesanan dan pengemasan produk yang akan diantar, hingga akhirnya melakukan pengiriman ke rumah pembeli oleh kurir.

Photo: copyright Vemale

"Mereka akan siap mengantar pesanan ke rumah dengan membawa alat debit card, sehingga memudahkan pembeli untuk melakukan transaksi pembayaran," tutur Frederik Thomassen saat ditemui di warehouse Zalora di Cijantung Jakarta Timur Rabu 4 Maret 2015.

Menurut catatan online fashion asal Jerman ini, transaksi yang dilakukan per harinya dimulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, sehingga tercatat bisa mencapai 1000-1200 transaksi yang dilakukan.

Photo: copyright Vemale

"Saat ini Zalora menjual lebih dari 680 brand dengan jumlah lebih dari 30.000 ribu jenis produk. Brand lokal 70% dan lainnya brand internasional sebanyak 30%," tutup Frederik.

Perlu Anda ketahui, gudang ini sudah yang ketiga kalinya pindah lokasi. Dan rencananya akan kembali pindah di kawasan Cibitung, dengan luas warehouse yang lebih besar lagi. Hal tersebut dikarenakan meningkatnya penjualan Zalora setiap harinya.

(vem/yun/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading