Sukses

Fashion

Desainer Irna Mutiara Bersama Para Siswa Jawa Tengah Membuat Rancangan Busana Muslim

Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia dan kekayaan warisan budaya di bidang busana. Negeri ini juga memiliki keunggulan untuk menjadi kiblat busana Muslim dunia dalam beberapa tahun mendatang. Hal tersebut dikarenakan potensi industri kreatif busana Muslim di Indonesia sangatlah besar.

Demi mewujudkan impian tersebut Irna Mutiara bersama Djarum Foundation melakukan kolaborasi. Dengan sumber daya manusia yang kompeten melalui kegiatan pengembangan program tata busana pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan di daerah Banat di kabupaten Kudus Jawa Tengah, Irna berhasil ciptakan busana yang tidak hanya cantik tetapi juga elegan.

Irna Mutiara saat jumpa pers menjelaskan tentang cerita di balik busana muslim terbaru rancangannya | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Busana Muslim dari atas sampai bawah itu banyak sekali yang bisa dikembangkan, mulai dari kerudung, busana dan aksesoris semuanya bisa berkembang menjadi industri masyarakat," papar Irna Mutiara di JCC Senayan Jakarta Pusat Sabtu 28 Februari 2015.

"Oleh karenanya program peningkatan mutu SMK jurusan tata busana diselaraskan dengan awal hingga akhir proses produksi busana Muslim," lanjut Irna.

Para siswa bimbingan Irna Mutiara dikenalkan pada design dan teknik membatik, khususnya batik Kudus. Batik Kudus memiliki ragam motif yang unik, hal ini disebabkan oleh pengaruh budaya Tiongkok, Arab dan Jawa yang kental kemudian melebur dalam satu maha karya multi kultur.

Rancangan busana Irna saat ditampilkan | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Pada ajang pekan mode tahunan Indonesia Fashion Week 2015, para siswa tersebut berkesempatan untuk memamerkan busana rancangan mereka dalam pergelaran busana yang bertajuk Miracle Of The Sun.

"Terinspirasi dari keindahan alam saat perjalanan menuju kota kudus yang biasanya dimulai pagi hari dan kembali saat petang. Suasana yang menampakkan matahari dari mulai terbit hingga matahari tenggelam, mengandung perpaduan warna-warna yang begitu menakjubkan, dari mulai pendar kuning, abu, beige dan berakhir hitam pada saat hari berganti malam," jelas Irna.

Menggunakan warna yang soft membuat busana muslim karya Irna tampak anggung dan elegan | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Sebanyak 45 koleksi busana Muslim bergaya syar'i yang menutupi namun tetap elegan dan berdaya pakai tinggi sebagai busana yang bisa dipadupadankan ditampilkan Irna pada Indonesia Fashion Week.

Semoga dengan dibimbing oleh desainer senior Irna Mutiara para pelajar dapat membuat rancangan busana serta pola dapat mengembangkan busana Muslim di Indonesia. Selamat berkarya :)

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading