Sukses

Fashion

Intip Meriahnya Pekan Mode Tahunan Indonesia Fashion Week 2015 Yuk!

Pekan Mode Tahunan terbesar di Indonesia yakni Indonesia Fashion Week 2015 resmi dibuka pada hari Kamis, 26 Februari 2015. Pembukaan IFW 2015 dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, serta Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel.
Foto: copyright Vemale.com
Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengungkapkan bahwa fashion Indonesia sangat mempengaruhi perekonomian tanah air. Sumbangsih yang dihasilkan dari industri fashion mempengaruhi devisa negara sebanyak 30%.

"Fashion merupakan penyumbang terbesar kedua di ekonomi kreatif Indonesia sebanyak 30% atau sekitar Rp 200 triliun. Oleh karenanya, Menpar akan mendukung dan yakin kalau IFW bisa menarik 100 ribu wisatawan," ungkap Arief di JCC Senayan Jakarta Pusat Selasa, 26 Februari 2015.
Foto: copyright Vemale.com
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, menjelaskan karya para desainer Indonesia seperti mesin pencetak uang yang harus disalurkan dan diasah terus kreativitasnya agar stabil, sehingga Indonesia bisa menjadi kiblat fashion seperti Milan dan Paris.
Foto: copyright Vemale.com
"Mulai hari ini kunjungan Jakarta dari daerah semakin meningkat. Ekspektasi dan apa yang saya ramalkan semoga bisa tercapai," ungkap beliau.

Rachmat Gobel, Menteri Perdagangan, juga turut bangga dan mendukung adanya gelaran tahunan yang memfasilitasi para pekerja kreatif di Indonesia, seperti IFW. Menurut Gobel, kekayaan budaya Indonesia yang dipamerkan seperti songket, tenun, dan kerajinan daerah lain merupakan modal besar bagi Indonesia untuk bisa menguasai pasar global melalui produk-produk dalam negeri tersebut.

"Kekayaan kita harus bisa menjadi tempat membangun semangat industri fashion kita. Jadi tuan rumah di negara sendiri dan juga global. Harus menunjukkan Indonesia bisa menguasai Asean," jelas Gobel.

Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Indonesia (APPMI), Taruna Kusmayadi pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang hadir termasuk para menteri dan rekan-rekan pelaku fashion yang turut meramaikan hari pembukaan IFW 2015. Ia berharap acara berjalan dengan baik dan lancar.

Sekitar 747 brand dan 230 desainer lokal dan internasional seperti Jepang, Korea Selatan, India, serta Australia memeriahkan pekan mode ini. Tak hanya memamerkan karyanya, para desainer dan brand lokal juga menghadirkan produk mereka di exhibition yang berada di Hall A dan B JCC Jakarta Pusat. Maju terus Fashion Indonesia!

(vem/yun/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading